13Oct2021

Mohammad Syamsul Arifin, Atlet Selam Kabupaten Pasuruan Sumbang Emas Di PON XX Papua

Para atlet asal Kabupaten Pasuruan terus menyumbangkan medali bagi kontingen Jawa Timur dalam PON XX Papua.

Kali ini adalah Mohammad Syamsul Arifin, warga Desa Geneng Waru, Kecamatan Rembang yang sukses menambah pundi-pundi emas Jatim, setelah memenangi nomor orientasi bawah (OBA) M Course Putra pada babak final, Rabu (13/10/2021) pagi.

Pria yang akrab dipanggil Syamsul ini bertekad untuk memenangkan pertandingan, meski terkendala cuaca dan visibilitas air alias kondisi bawah air yang berubah-ubah.

Meski banyak kendala, namun musuh terbesar bagi  Syamsul adalah dirinya sendiri.  Dan akhirnya, ia bisa menjadi yang tercepat dengan finish dalam waktu 11:41,17  dengan nilai rambu 501 dan nilai deviasi 731, dan sukses unggul atas peselam Sulawesi Selatan dan Bali yang meraih medali perak dan perunggu.

"Saya harus bisa mengalahkan rasa capek, malas dan jenuh. Itu semua musuh terberat dan terbesar saya. Karena kalau melihat lawan, semuanya berat-berat," kata Syamsul, saat dihubungi via telepon, Rabu sore.

Diraihnya medali emas pada PON kali ini adalah sebuah berkah sekaligus progress bagi Syamsul. Pasalnya, pada tahun 2016 lalu, ia juga ikut pertandingan di nomor yang sama, namun harus puas di posisi ketiga. 

"Pas PON XIX Jawa Barat, saya juga ikut di nomor yang sama, tapi dapat medali perunggu. Dan tahun ini saya membuktikan bahwa saya bisa meraih emas," tegasnya.

Lebih lanjut pria 37 tahun yang berprofesi sebagai anggota Marinir Yon Intai Amfibi 2 Marinir Karang Pilang Surabaya ini mengaku terus berlatih di bawah naungan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur.

Selain itu, ia juga mengikuti program Pemusatan Latihan Daerah Puslatda New Normal  (PNN) selama Pandemi Covid-19, dan terus dilatih oleh Sang Pelatih, Tonggam Siregar yang juga menjabat Bama Yon.

Untuk itu, Syamsul mengucapkan terima kasih kepada Danyon Intai Amfibi 2 Marinir Karang Pilang Surabaya, Gubernur Jatim, Bupati Pasuruan, pelatih, para atlet, hingga keluarga dan teman yang mendukung langkahnya untuk terus berprestasi.

"Saya ucapkan terima kasih juga untuk Letkol Marinir Supriyono. Kemudian Gubernur Jatim dan Bupati Pasuruan yang mendukung para atlet untuk berjuang di PON Papua. Juga keluarga, teman sesama atlet dan semuanya yang tak bisa saya sebutkan satu per satu. Terima kasih," akunya. (emil)

 

  • 18:52:44
  • emil
  • 502 kali dilihat
  • Olahraga
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga