18Aug2022

Kibarkan Merah Putih Di Bawah Laut. Bupati Irsyad Yusuf Akui Bangga

Bupati Pasuruan, Dr HM Irsyad Yusuf SE.MMA mengaku bangga dan mengucapkan selamat atas kesuksesan Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) dalam mengibarkan bendera merah putih di bawah laut di Pulau Gili Ketapang, Probolinggo, Rabu (17/08/2022) kemarin.

Kebanggaan ini ia sampaikan setelah pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan di Halaman Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, juga berjalan lancar dan sukses.

"Saya ucapkan selamat dan sukses untuk Kolatmar yang telah mengibarkan bendera merah putih di bawah laut di Pulai Gili Ketapang kemarin. Salam hormat dari kami," ucapnya.

Sebelum dibawa menuju Pulau Gili Ketapang, Bendera Merah Putih terlebih dahulu diserahkan oleh Bupati Irsyad kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Dalam hal ini diterima oleh Danpuslatpurmar 3 Grati, Letkol Marinir Kartika Wijaya Setyawan sesaat sebelum Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Pasuruan di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Senin (15/08/2022) lalu.

Setelah diterima, bendera merah putih langsung dikawal ketat menuju Pulau Gili Ketapang,

Sementara untuk prosesi upacara di tengah laut dan pengibaran bawah laut melibatkan 13 penyelam, 5 personil dari Puslatsus Kolatmar, 4 personil dari KSOP dan 4 dari personil Club Merines Coral Dive Probolinggo.

Sedangkan untuk pelaksanaan pengibaran bendera berada di  kedalaman 10 meter yang dipimpin Lettu Marinir Adi Sampurno selaku komandan Tim pengibar bendera bawah air. Untuk pasukan diatas laut melibatkan 1 Kapal Patroli Dari KSOP, 1 Kapal dari Dinas Perikanan serta 5 Kapal komunitas wisata snorkeling Gili Ketapang.

Tak selesai sampai di situ, tak kurang sejumlah 2 Peleton prajurit Kolatmar, 1 Regu dari KSOP dan 1 Regu dari Perikanan siswa-siswi SMP Negeri 3, tokoh Pemuda Karang Taruna, dan tokoh masyarakat Gili Ketapang turut dalam upacara ini.

“Dengan perencanaan yang matang pengecekan personel dan material juga sarana pendukung lainnya agar tercapainya sasaran sinergitas dan menumbuhkan rasa kebersamaan dengan instansi terkait dan masyarakat sekitar untuk kepentingan bangsa dan negara,” ungkap Dankolatmar Kolonel Marinir I Made Sukada, S.E selaku penanggung jawab acara.

Dankolatmar mengatakan, ini merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka Dirgahayu Republik Indonesia ke 77 dengan tema "Kibarkan Merah Putih Di Bawah Laut Di 77 Lokasi Nusantara !".

"Kegiatan ini dalam rangka membangun kejayaan maritim untuk  "Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat"," tegasnya. (emil)

 

  • 13:47:49
  • emil
  • 249 kali dilihat
  • Nasionalisme
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga