04Aug2022

Wabup Mujib Imron Minta Masyarakat Jaga Pancasila Sekuat-Kuatnya

Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) meminta seluruh masyarakat untuk menjaga Pancasila dengan sekuat-kuatnya.

Permintaan ini disampaikan Gus Mujib saat membuka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Karakter Bangsa dan Bhinneka Tunggal Ika dan Sejarah Kebangsaan di Pendopo Kecamatan Bangil, Kamis (04/08/2022) siang.

Menurutnya, melalui Pancasila, keanekaragaman suku, budaya, dan agama di Indonesia bisa disatukan. Terlebih Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang tingkat keberagaman penduduknya paling banyak.

"Kita harus bersyukur karena Allah SWT memberikan karunia yang luar biasa kepada negara kita yakni Pancasila. Inilah yang harus kita jaga betul dengan sekuat-kuatnya," kata Gus Mujib.

Selain itu, kata dia, menjaga Pancasila salah satu bagian dari tindakan menjaga keutuhan Bangsa dan Negara Indonesia.

"Indonesia disatukan oleh Pancasila, sehingga kita harus jaga Pancasila demi keutuhan bangsa dan negara," katanya.

Gus Mujib menilai masih ada segelintir pihak yang ingin merubah Pancasila dengan mengatas namakan agama. Mereka adalah orang yang tidak pernah mengasah pikirannya dengan orang yang lain, tertutup dan jarang keluar atau tampil di hadapan publik. Sehingga tetap harus diwaspadai agar tak sampai melakukan hal yang dapat merongrong keutuhan bangsa.

"Ya adalah, pernik-perniknya yang mengarah pada upaya merusak persatuan dan kesatuan. Biasanya orang itu baru tampil, tak pernah keluar atau tampil di hadapan umum, tidak pernah mengasah pikiran satu dengan yang lain, tidak ikut ormas, sehingga mudah terpengaruh. Apalagi yang mensupplai orang besar dari luar negeri dengan membawa agama," tegasnya.

Di akhir sambutannya, Gus Mujib juga menghimbau kepada masyarakat agar semakin waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

"Pemerintah pasti  bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRI, Anti-Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara itu, dalam sosialisasi tersebut, beberapa pejabat dan alim ulama hadir. Seperti Gus Muafi, salah satu anggota DPRD Kabupaten Pasuruan; Kiyai Dofir, Kepala Bakesbangpol, serta Habib Zainal dari Ponpes Dalwa. (emil)

  • 12:41:18
  • emil
  • 186 kali dilihat
  • Nasionalisme
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga