13Jan2022

Sudah Dimulai, Ribuan Warga Kabupaten Pasuruan Disuntik Vaksin Booster

Vaksinasi lanjutan atau booster di Kabupaten Pasuruan, sudah dimulai.

Tepatnya sejak Rabu (12/01/2022) kemarin, sebanyak 1872 dosis telah disuntikkan ke masyarakat sasaran vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, dr Ani Latifah mengatakan, pemberian vaksin booster diperuntukkan bagi warga yang sudah melakukan vaksin primer secara lengkap. Dalam artian sudah melaksanakan vaksinasi dosis satu dan dua, serta jeda antara vaksinasi dosis kedua dengan booster minimal 6 bulan. 

"Kalau masih dosis satu ya tidak termasuk sasaran. Vaksinasi booster ini hanya untuk masyarakat yang sudah selesai vaksin dua kali, dan jeda vaksinasi terakhir dengan booster minimal 6 bulan," kata Ani, saat ditemui di kantornya, Kamis (13/01/2022) pagi.

Ditambahkannya, vaksinasi booster tidak berlaku untuk kategori anak  atau remaja. Kata Ani, vaksinasi booster diberikan pada masyarakat berusia 18 tahun ke atas.

Hanya saja, dari kategori dewasa, sasaran vaksinasi booster lebih diprioritaskan untuk lansia, masyarakat rentan, dan masyarakat dengan kerentanan sistem imun. Tujuannya tak lain untuk memberikan kekebalan serta daya tahan tubuh agar terhindar dari penyebaran Virus Corona varian baru.

"Sasaran vaksinasi booster ini adalah masyarakat dengan usia 18 tahun ke atas, dan diprioritaskan pada lansia dan masyarakat rentan atau dengan kerentanan sistem imun, karena demi memberikan perlindungan kepada mereka akan bahaya Covid-19," jelasnya.

Untuk mendapatkan vaksinasi booster ini, masyarakat bisa mendatangi puskesmas maupun puskesmas pembantu (pustu) secara gratis. Dijelaskan Ani, jenis vaksin yang diberikan adalah BNT162b2 atau Vaksin Pfizer, dimana berdasarkan uji klinis tahap III yang dilakukan di Amerika Serikat, Jerman, Turki, Afrika Selatan, Brazil, dan Argentina, vaksin Pfizer memiliki nilai efikasi, yaitu efek perlindungan terhadap COVID-19, sebesar 95%.

"Tingkat kekebalannya lebih tinggi, jadi semoga bermanfaat untuk menambah kesehatan bagi kita semua. Silahkan datang ke puskesmas atau puskesmas pembantu," ucapnya. (emil)

  • 09:25:04
  • emil
  • 138 kali dilihat
  • Kesehatan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga