12Jan2022

Tujuh Kali, Bupati Irsyad Yusuf Raih Predikat Pembina K3 Terbaik

Untuk yang ketujuh kalinya, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) kembali mendapat penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022.

Kali ini, Gus Irsyad ditetapkan sebagai Terbaik III dari 38 Bupati/Walikota di Jawa Timur yang selalu memperhatikan keberadaan para karyawan di seluruh perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Pasuruan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Pasuruan yang diwakilkan kepada KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) pada Upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2022, di pelataran Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur, Rabu (12/01/2022) pagi.

Selain Bupati Pasuruan, Gubernur Jatim juga menyerahkan penghargaan penghargaan Zero Accident kepada 36 Perusahaan di Kabupaten Pasuruan yang sukses dalam menekan angka kecelakaan di tempat kerja.

Kemudian 14 perusahaan di Kabupaten Pasuruan yang juga meraih penghargaan terbaik dalam Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid 19 di tempat kerja, serta 5 Perusahaan terbaik dalam Pencegahan dan Penanggulangan HIV Aids di tempat kerja.

Menurut Gus Irsyad, Pemkab Pasuruan akan selalu memperhatikan persoalan keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan di perusahaan. Hal tersebut penting, lantaran kedua hal tersebut adalah kebutuhan bersama, yakni pengusaha sebagai pemberi kerja dan karyawan sebagai penerima pekerjaan.

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Itu penting sekali karena untuk memberikan jaminan pekerja bisa melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa takut akan terjadi kecelakaan di tempat kerja atau sesuatu yang mengenai pekerja tersebut,” katanya.

Diraihnya penghargaan ketujuh kalinya ini merupakan bukti kerja keras seluruh pihak. Mulai dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), perusahaan yang mendukung Pemkab Pasuruan dalam menerapkan K3, hingga support dari para pengawas K3, alim ulama, dan seluruh masyarakat se-Kabupaten Pasuruan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih pada jajaran Disnaker dan perusahaan yang punya komitmen tinggi pada keselamatan dan kesehatan kerja. Di balik penghargaan ini, ada banyak perjuangan dan kerja keras dari semua pihak yang tidak bisa saya sebut satu per satu. Mari kita ciptakan iklim pekerjaan yang menyenangkan, sehat, dan berdaya saing untuk kemajuan Kabupaten Pasuruan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Pasuruan, Tri Agus Budiharto menjelaskan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran maupun kepatuhan perusahaan dalam menerapkan K3, salah satunya dengan terus berkoordinasi melalui pengawas K3 hingga manajemen perusahaan-perusahaan di Kabupaten Pasuruan.

“Ada puluhan pengawas K3 yang terus kita ajak berkomunikasi dalam upaya peningkatan kesadaran perusahaan akan pentingnya menerapkamn zero accident, SMK3 maupun HIV/AIDS, dan Alhamdulillah ada peningkatan jumlah perusahaan setiap tahunnya,” jelasnya. (emil)

 

  • 16:43:30
  • emil
  • 118 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga