05Dec2021

Pemkab Pasuruan Raih IDEA Award 2021

Sinergitas Pemerintah Kabupaten Pasuruan bersama jajaran Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) dalam menekan penyebaran Covid-19 serta menguatkan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi, mendapat apresiasi dari banyak pihak, salah satunya dari Lentera Media Group.

Apresiasi ini terwujud dalam penghargaan IDEA 2021 (Innovation & Digital Enthusiast Award) yang diserahkan Ketua Dewan Juri, Dr Soko Widodo kepada Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad) yang diwakili oleh Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) di Dyandra Convention Center Surabaya, Minggu (05/12/2021) petang.

CEO Lentera Today Media, Tarmuji Talmacsi, mengungkapkan bahwa pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para institusi pemerintahan maupun kepala daerah yang mampu memberikan inspirasi pada masyarakat.

Hal ini seiring dengan semakin masifnya penggunaan media sosial sebagai salah satu sarana berinteraksi dengan masyarakat.

"Media sosial menjadi acuan bagaimana segala aktifitas bisa diketahui publik. Termasuk inovasi pemerintah daerah yang diposting ke dalam media sosial. Baik youtube, instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya. Untuk itulah, penghargaan ini kami berikan," katanya.

Dijelaskannya, di era digital ini, pemerintah daerah (Pemda) baik secara institusi maupun individu Kepala Daerah dan wakil kepala daerah juga banyak yang menggunakan media sosial sebagai salah satu saluran keterbukaan informasi, sosialisasi kebijakan dan sekadar menyapa warganya.

"Berbagai survei dan perangkingan media sosial bisa menjadi salah satu tolak ukur nilai pemimpin saat ini di mata rakyat. Meski tak bisa diabaikan, penilaian kualitatif secara akademis dan keilmuan juga memegang peranan penting," jelasnya.

Sementara itu, Wabup Mujib Imron menegaskan bahwa penghargaan yang diterima oleh Pemkab Pasuruan dipersembahkan untuk para tenaga kesehatan (nakes), TNI, POLRI, ASN, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua elemen masyarakat yang bahu membahu dalam mengantisipasi semakin meluasnya virus corona.

Termasuk juga perihal percepatan vaksinasi yang hingga kini terus gencar dilakukan tanpa henti.

"Penghargaan ini kami persembahkan kepada para tenaga kesehatan yang tak kenal lelah dalam membantu masyarakat memerangi Covid-19. Dan yang kini kita intens gencar adalah percepatan vaksinasi di semua wilayah di Kabupaten Pasuruan," tegasnya di sela-sela acara.

Saat ditanya perihal sinergitas dengan jajaran Forpimda, Gus Mujib mengaku bahwa hingga kini, semua anggota sama-sama berperan besar dan kompak dalam mengawal vaksinasi. Termasuk program yang bermuara pada membangkitkan perekonomian masyarakat yang ambruk akibat Pandemi yang sudah berjalan 2 tahun.

"Pak Bupati dan saya berbagi tugas dengan Pak Kapolres, Dandim, Kejari, Ketua PN Bangil dan semua anggota dalam mengawal vaksinasi sampai mencapai target. Termasuk ikut membantu Pemkab Pasuruan dalam mengatasi roda perekonomian warga yang sangat terpuruk akibat Pandemi yang cukup lama sampai dua tahun," terangnya.

Lebih lanjut Gus Mujib menyampaikan, di tengah Pandemi Covid-19, Bupati Pasuruan memiliki inovasi Yuk Nonggo. Inovasi tersebut sejatinya sudah dilaunching jauh sebelum ada Pandemi. Namun sangat efektif diterapkan, dan terbukti membantu warga agar membeli kebutuhan sembako (sembilan bahan pokok) dari tetangga terdekatnya.

"Inovasi Yuk Nonggo Pak Bupati juga baru saja menerima penghargaan, karena terbukti efektif dalam membangkitkan ekonomi masyarakat di level terbawah. Caranya dengan membeli dari tetangganya sendiri," tutupnya. (emil)

 

 

  • 21:37:01
  • emil
  • 214 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga