24Nov2021

4 Desa Tergenang Air. Warga Dihimbau Cek Dan Ricek Aliran Listrik

Intensitas hujan tinggi terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Akibatnya, empat desa di dua kecamatan di Kabupaten Pasuruan, tergenang air.

Keempat desa tersebut yakni Desa Kedawung Kulon, Kecamatan Grati; Desa Toyaning, Desa Sadengrejo, dan Desa Kawisrejo. Ketiga desa ini berada di Kecamatan Rejoso.

Ridwan Harris, Kepala Pelaksana badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuraun mengatakan, genangan air yang menimpa empat desa itu karena luberan air dari sungai Rejoso. Hujan yang terjadi hampir semalaman waktu itu membuat sungai meluap.

“Karena intensitas hujan tinggi dari wilayah atas yang mengakibatkan sungai tidak kuat menampung air hujan,” kata Harris melalui sambungan selulernya, Rabu (24/11/2021) sore.

Dijelaskannya, dari pantauan petugas, ketinggian genangan air bervariasi. Yakni mulai dari 10 sentimeter hingga 15 centimeter. Untuk itu, Harris mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Dengan kondisi daerah yang rutin diguyur hujan kali ini, warga harus ekstra hati-hati. Utamanya harus sering melakukan pengecekan aliran listrik. Yang mana, jika teledor bisa membahayakan.

“Aliran listriknya harus dicek, apakah ada yang bermasalah atau tidak. Juga harus mengamankan berkas berkas yang berharga agar tidak terendam air,” ungkapnya.

Seperti diketahui, awal musim hujan ini, di Kabupaten Pasuruan sudah terjadi beberapa kejadian. Beberapa waktu lalu, terjadi tanah longsor di empat titik sekaligus di dua kecamatan. Yakni Kecamatan Tosari dan Kecamatan Tutur. Kemarin itu, selain genangan air juga terjadi longsoran di Kecamatan Prigen. (emil)

  • 14:37:01
  • emil
  • 93 kali dilihat
  • Lingkungan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga