12Oct2021

Cegah Stunting, TP PKK Kabupaten Pasuruan Gelar Pelatihan Memasak Menu Sehat

Sebagai salah satu Kabupaten Lokus, Permasalahan stunting terus menjadi perhatian serius Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan.

Untuk bisa menekan jumlah kasusnya, ada banyak program yang dilakukan. Salah satunya dengan memberikan pelatihan memasak makanan sehat.

Pelatihan tersebut bekerja sama dengan PT Sorini Towa Berlian Corporindo (PT STBC) dan dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf, (11/10/2021) pagi.

Dari pantauan di lapangan, sebanyak 24 kader se-kecamatan dan pengurus TP PKK mengikuti pelatihan memasak dua menu, yakni Korean Chicken Food dan Boba Drink. Untuk bisa membuat menu tersebut, panitia mendatangkan Chef Aldo dari Akademi Sages Surabaya.

Menurut Lulis, semua peserta dilatih cara membuat makanan berbahan sayur dan ikan berprotein. Serta minuman sehat yang disukai anak-anak, sehingga diharapkan mampu mencegah potensi stunting pada balita dan anak-anak.

"Kita memang ingin agar chef ini bisa melatih membuat makanan sehat yang simpel dan tidak ribet. Kenapa Korean Chicken Food dan boba drink, karena memang banyak yang suka," ungkapnya.

Dijelaskannya, pelatihan olahan pangan ini juga dimaksudkan sebagai sosialisasi dan gerakan secara terus menerus. Utamanya untuk dapat memacu masyarakat agar lebih meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam memanfaatkan bahan pangan berprotein menjadi hidangan sehari-hari.

"Saya sih berharap mampu digemari dan berdaya saing tinggi sebagai salah satu makanan yang bisa dijadikan menu favorit keluarga," singkatnya.

Lebih lanjut Lulis Irsyad menambahkan, pelatihan kader PKK tentang cara membuat makanan sehat yang menarik sekaligus mengandung gizi seimbang dan higienis tersebut, bisa memberikan banyak manfaat. Yakni bisa mensosialisasikan kepada masyakat melalui posyandu di desa/kelurahan.

"Getuk tular dari satu orang ke yang lainnya. Karena the power of ibu-ibu itu luar biasa hebatnya," akunya.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT STBC, Intan L Riadi menegaskan bahwa setiap tahunnya, pihaknya bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Pasuruan melalui ragam kegiatan.

"Kami sudah menginjak tahun kedelapan bekerja sama dengan PKK Kabupaten Pasuruan. Terima kasih Ibu Lulis yang terus intens berkoordinasi dengan kami untuk kegiatan-kegiatan pemberdayaan perempuan. Mulai dari membatik, menjahit dan bordir sampai pelatihan memasak makanan sehat," tutupnya. (emil)

 

  • 10:00:03
  • emil
  • 174 kali dilihat
  • Kesehatan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga