07Aug2021

Merugi. Petani Mangga Alpukat Di Desa Wonokerto, Sukorejo Gagal Panen

Bulan agustus seharusnya menjadi surganya para petani mangga alpukat di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo Pasuruan.

Namun untuk tahun ini, mereka harus gigit jari, lantaran mangga-mangga mereka banyak yang tak berbuah alias gagal panen.

Adalah Sugiono (36), salah satu petani mangga alpukat di Dusun Krajan Utara. Ia mengungkapkan, gagalnya panen mangga tahun ini disebabkan oleh dua faktor utama, yakni cuaca dan hama.

Faktor cuaca sangat mempengaruhi perkembangan bunga, di mana pada maret lalu, hampir semua bunga di pohon mangga miliknya rontok karena hujan deras.

"Pernah 3 hari intensitas hujannya sangat lebat. Dan itu membuat semua bunga rontok dan gak jadi mbuah (berbuah)," kata Sugiono, di sela-sela melakukan penyemprotan buah di kebun mangga miliknya, Sabtu (07/08/2021) siang.

Selain cuaca, hama fungi (jamur) pada pohon mangga sangat berpengaruh terhadap perkembangan buah mangga. Kata Sugik-panggilan kesehariannya, sebenarnya hama tersebut sudah diantisipasi dengan penyemprotan. Namun, dirinya tak bisa berbuat apa-apa, lantaran jamur-jamur tersebut tak bisa dikendalikan ketika musim hujan beberapa waktu lalu.

"Kalau cuacanya basah seperti ketika pas pertama kali berbunga, jamur ini tak bisa dikendalikan. Karena cepat sekali berkembangnya," singkatnya.

Sugik sendiri memiliki sekitar 200 pohon mangga alpukat yang ia tanam di kebun seluas 2 hektar. Dari seluruh pohon tersebut, jumlah buah mangga yang dipanen bisa dihitung dengan jari. Padahal, biasanya ia bisa memanen antara 50-100 kilogram buah mangga per 1 pohon per sekali panen.

Namun, untuk sekarang, ia hanya bisa mengambil 3-5 buah saja. Padahal biaya perawatan sudah ia keluarkan untuk menjaga nutrisi pohon maupun penyemprotan terhadap hama yang menjadi musuh petani mangga.

"Setahun saya habiskan Rp 25 juta untuk biaya perawatan mangga. Tapi mau gimana lagi, pokoknya prihatin. Ini ujian bagi kami," singkatnya.

Ia berharap di bulan November mendatang, bunga-bunga yang sudah mulai tumbuh hari ini, bisa terus berkembang dan akhirnya bisa dipanen.

"Kami berdoa, karena berbunga seperti hari ini gak ada hujan. Insya Allah aman, pas bulan nove,ber bisa kami panen," harapnya. (emil)

 

  • 11:33:49
  • emil
  • 373 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga