24Jul2021

Megahnya Gapura Delapan Milik Yonkav 8/NSW/2 Kostrad

Yonkav 8/NSW/2 Kostrad yang terletak di Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan memiliki gapura megah.

Gapura ini diresmikan oleh Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad, Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad, Jumat (23/07/2021) kemarin.

Menurut Danyonkav 8/NSW/2 Kostrad , Letkol Kav Suharto, Gapura Megah ini dinamai "Gapura Delapan" yang merupakan angka ikonik yang populer di mata warga Beji dan publik pada umumnya.

Selain angka, pembangunan gapura delapan ini juga memiliki filosofi tersendiri. Dimana untuk panjang pilar gapura 23 meter dengan lebar 4X3 meter dan tinggi 8 meter terinspirasi dari tanggal lahirnya batalyon kavaleri 8 Kostrad, yakni 23 Juli 1962.

"6 ditambah 2 sama dengan 8. Jadi panjang pilar, kemudian lebar dan tinggi gapura ini sama persis dengan hari lahir kesatuan kami. Yakni Batalyon Kavaleri 7. Inilah yang menjadi inspirasi dalam membangun gapura delapan," kata Suharto, saat ditemui di Markas Yonkav 8 Beji, Sabtu (24/07/2021) pagi.

Begitu pun dengan durasi pembangunan gapura, juga tak asal pasang tanggal saja. Kata Suharto, pembangunan gapura delapan dimulai pada 9 Pebruari yang merupakan HUT Kavaleri Angkatan Darat, dan diresmikan pada 23 Juli yang bertepatan dengan HUT Ke-59 Batalyon Kavaleri 8 Kostrad. 

"Rasanya senang bukan kepalang, karena pembangunannya momentumnya pas. Dan peresmiannya juga bersamaan dengan HUT ke 59 Batalyon Kavaleri 8 Kostrad," terangnya.

Selain gapura, ada pula Miniatur Leopard Raksasa yang juga dibangun, berdekatan dengan Gapura Delapan. Ditegaskan Suharto, baik Gapura maupun Miniatur Leopard Raksasa menggambarkan kebanggaan masyarakat Beji yang punya Ranpur (kendaraan tempur) tercanggih di Angkatan Darat hingga mencapai 61 tank.

Kendaraan tersebut tak hanya bisa dilihat saja, melainkan menjadi tank wisata dan edukasi bagi siapa saja yang ingin datang ke Yonkav Beji.

"Inilah kebanggaan warga Beji. Kami punya 61 kendaraan tempur yang tercanggih di kesatuan Angkatan Darat. Siapapun bisa datang untuk melihat sekaligus berkeliling dengan naik leopard. Semoga pandemi ini segera berakhir," tegasnya. (emil)

  • 10:27:07
  • emil
  • 398 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga