30Jun2021

Lolit Sapi Grati Hibahkan 10 Ekor Sapi POGASI Untuk Peternak Di Kecamatan Puspo

Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapi) di Kecamatan Grati menghibahkan 10 ekor sapi POGASI (Peranakan Ongole Grati Hasil Seleksi Agrinak) dewasa untuk peternak sapi di Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan.

Hibah sapi pogasi ini merupakan bagian dari kerja sama antara Lolit Sapi di Grati dengan Pemkab Pasuruan, dalam hal ini Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan.

Kepala Lolit Sapi Grati, Dicky M.Dikman mengatakan, kerja sama ini sudah ditandatangani sejak beberapa waktu lalu. Dimana dari 10 ekor sapi pogasi yang dihibahkan, terdiri dari 1 ekor jantan dewasa dan 9 ekor betina dewasa.

Sapi-sapi ini akan terus dikembangkan hingga jumlahnya terus bertambah 10 ekor bahkan lebih, setiap tahunnya.

“Muaranya adalah pengembangan Sapi Pogasi di wilayah Kabupaten Pasuruan. Kami hibahkan 10 ekor sapi pogasi, yakni 1 jantan dan 9 betina untuk salah satu kelompok peternak sapi di Kecamatan Puspo yang menjadi binaan Dinas Peternakan dan Ketahanan Kabupaten Pasuruan,” kata Dikman, saat ditemui di kantornya, Rabu (30/06/2021).

Selama ini, Lolit Sapi sukses mengembangkan sapi pogasi sebagai sapi lokal yang menghasilkan daging yang berkualitas dan berkuantitas.

Kata Dikman, Sapi Pogasi merupakan galur baru hasil penelitian pemuliaan selama lebih dari 13 tahun yang telah dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Loka Penelitian Sapi Potong (Lolitsapi).

Sedangkan terbentuknya Sapi POGASI merupakan hasil proses seleksi secara berjenjang, dimana performance kuantitatifnya terbukti di atas rata-rata SNI sapi PO (peranakan ongol) di Indonesia.

Dari fakta ini, sudah jelas membuktikan bahwa Sapi Pogasi menjadi sapi andalan dalam rangka mendukung swasembada daging nasional.

“Pemenuhan daging sapi secara nasional juga menjadi tujuan penelitian kami. Maka dari itu, ketika 10 sapi ini kami hibahkan, besar harapan agar jumlahnya semakin banyak karena sebagai bagian dari program swasembada daging juga,” tegasnya.

Sementara itu, saat ditanya perihal jumlah sapi pogasi yang ada Di Lolit Sapi, Dikman menjelaskan, saat ini ada 398 ekor. Selain itu, ada pula 202 ekor sapi bali mulai pedet sampai dewasa, 254 ekor sapi Madura, dan 11 ekor sapi Belgian blue. Seluruh sapi tersebut diberikan pakan ternak yang berkualitas sehingga tumbuh menjadi sapi berkualitas.

Khusus untuk Sapi Pogasi, Dikman mengungkapkan ada banyak keunggulan yang dimiliki.

“Di antaranya mampu memanfaatkan secara optimal pakan ber SK (serat kasar) tinggi dan PK (protein kasar) rendah, cocok dikembangkan di daerah marginal, serta berat badan dan ukuran tubuh optimal,” terangnya.

Seperti diketahui, Lolit Sapi Grati juga telah terbukti berhasil mengembangkan Peranakan Ongole Belgian Blue (POBB) hasil dari teknologi Inseminasi Buatan (IB) dan Transfer Embrio (TE). Selain itu, berbagai inovasi juga telah dikembangkannya, seperti Kit Deteksi Birahi, system recording berbasis android, dan pakan penggemuk sapi. (emil)

 

 

 

  • 16:16:48
  • emil
  • 481 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga