04May2021

Transparansi Anggaran, Wujudkan Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintahan Prima

Untuk menciptakan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dibutuhkan transparansi anggaran. Sehingga berdampak positif terhadap tingkat kepercayaan masyarakat kepada kinerja pemerintah. Demikian pernyataan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK RI Brigjen Bachtiar Ujang Purnama dalam Rapat Koordinasi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pemerintah Daerah (Pemda) di Jawa Timur yang digelar di kantor Walikota Surabaya di penghujung April 2021.

Dalam agenda yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron tersebut dijelaskan tentang urgensitas transparansi anggaran pemerintahan yang jelas akan berdampak positif. Terutama dalam menambah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.     

“Tentunya harus ada yang namanya transparansi penggunaan anggaran. Transparansi penggunaan anggaran inilah yang nantinya akan memicu masyarakat agar bisa kembali percaya. Sekaligus puas terhadap kinerja pemerintah”, tuturnya.

Di sisi lain, jika seluruh tata kelola pemerintahan benar-benar transparan, maka secara otomatis akan mencegah terjadinya tindak korupsi. Penyebab utama runtuhnya etika sosial politik berikut otoritas pemerintahan.   

“Semua kinerja yang dilakukan oleh pemerintah dampak adanya transparansi penggunaan anggaran pada akhirnya bisa dipantau dan diawasi oleh banyak pihak. Hal itulah yang nantinya juga akan mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. Banyak hal yang bisa diakibatkan dari korupsi di bidang pemerintahan, jika semisal layanan publik tidak efisien. Belum lagi berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi dank ekses negatif lainnya”, tandasnya dalam forum rapat yang dihadiri oleh Kepala Daerah se-Jawa Timur tersebut.

Maka dari itu, ditambahkan Brigjen Bachtiar bahwa kehadiran KPK sebagai upaya preventif. Membantu agar semua hal tersebut tidak sampai terjadi. Untuk mencegah terjadinya tipikor, pihaknya siap berkoordinasi dan bersinergi dengan Kepala Daerah di Jawa Timur. Harapannya,   mampu menciptakan sebuah penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik. (Eka Maria+Lukman)

 

  • 10:15:16
  • Admin Kominfo
  • 108 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga