03May2021

Mendagri: Efektifitas PPKM Mikro Jelang Idul Fitri 1442 H, Seluruh Kepala Daerah Dan Forkopimda Harus Koordinasi Intens

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah di tanah air agar meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan Forkopimda masing-masing. Targetnya adalah bagaimana agar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dapat berjalan optimal dan efektif. Sekaligus menyamakan persepsi dan langkah agar peniadaan mudik Lebaran konsisten dan satu arah. Pernyataan itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi melalui video conference dalam rangka Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 di daerah. Sinergi antara Menteri Dalam Negeri, Menteri Perhubungan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Jaksa Agung, Kepala BNPB/ Kasatgas Covid-19.

Berdasarkan pantauan di beberapa daerah diketahui bahwa penyelenggaraan ibadah di mushola/ masjid sudah mulai kurang disiplin. Baik ada yang tidak menggunakan masker saat sholat tarawih maupun tidak berjarak. Hal itulah yang nantinya sangat berpotensi menjadi ancaman peningkatan kasus Covid-19 di tanah air.

“Ini adalah tanggung jawab bersama dan tolong menjadi perhatian betul untuk Kepala Daerah. Terbukti dari posko PPKM Mikro yang diinstruksikan untuk didirikan, tidak sesuai jumlahnya. Karena itu, saya minta kepada seluruh Babinkabtimbas harus siaga selama 24 jam untuk melaksanakan 3T. Yaitu testing, tracing dan treatment”, tegasnya dalam rapat virtual yang digelar pada hari Senin (3/5/2021).

Ditambahkan Mendagri, pandemi Covid-19 masih akan terus berlangsung sampai tahun 2021. Diketahui bahwa Tiongkok berpotensi akan mengalami kembali ledakan kasus positif Covid-19 yang cukup besar. Sedangkan Amerika sebagai negara produsen vaksin justru akan cepat pulih dari pandemi. Sementara, India, Indonesia, Pakistan, Brazil dan Meksiko adalah negara-negara yang mengalami masalah dalam penanganan pandemi.

“Dari kondisi global diatas harusnya menjadi perhatian kita semua. Dengan memperhatikan angka-angka kasus pandemi yang kian menurun di Indonesia, kegiatan masyarakat agak dilonggarkan guna memperbaiki perekonomian”, jelasnya.

Di Kabupaten Pasuruan, kegiatan rakor virtual digelar di Command Center. Adapun yang hadir, jajaran pejabat teras Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Mulai dari Sekretaris Daerah Anang Syaiful Wijaya, Kepala Dinas Perhubungan Agus Hari Wibawa, Kasatpol PP Bakti Jati Permana dan Kepala Kesbangpol Tectona Jati. (Eka Maria+Lukman)

 

 

  • 15:50:48
  • Admin Kominfo
  • 125 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga