06Apr2021

Rakorwil Banser Jatim, Momentum Majukan Organisasi Agar Berkontribusi Lebih Untuk Masyarakat

Forum silaturahim yang mempertemukan seluruh pengurus satuan koordinator wilayah Barisan Ansor Serbaguna Jawa Timur (Banser Jawa Timur) harus benar-benar dimanfaatkan sebagai media berdiskusi. Sekaligus berkoordinasi, membahas efektifitas sebuah organisasi ke depannya dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat. Pesan tersebut disampaikan Kasatkorwil Banser Jawa Timur, Irsyad Yusuf dalam agenda Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Banser Jawa Timur yang diselenggarakan di awal bulan April 2021.  

Dalam sambutannya, pemimpin Pemerintah Kabupaten Pasuruan tersebut juga berpesan kepada para peserta Rakorwil agar memanfaatkan waktu yang cukup pendek. Bagaimana dapat berdiskusi sekaligus berkoordinasi tentang strategi untuk memajukan organisasi. Sehingga mampu berkontribusi lebih untuk masyarakat.  

“Saya harapkan Saudara-Saudara semuanya bisa memaksimalkan Rakorwil. Berdiskusi, berkonsolidasi. Bagaimana biar organisasi lebih efektif, sehingga mampu mengimplementasikan visi dan misi Ketua PW GP Ansor Jatim. Sekaligus membangun wacana dan rencana program kedepannya untuk kemajuan dan kebesaran Satkorwil Banser Jatim”, pesannya pada saat membuka kegiatan.

Diselenggarakan selama dua hari (3-4 April 2021) di Permata Biru Resort, Kecamatan Prigen, kegiatan bertema “Konsoliadasi Banser Jatim, Solid Satu Komando” tersebut diharapkan dapat dijadikan momentum untuk menyatukan kekuatan Banser se-Jawa Timur. Maka dari itu, dibutuhkan penyusunan program kerja yang bagus.

Penyusunan program yang dimaksud adalah pendidikan dan pelatihan bagi anggota Banser di Jawa Timur. Sekaligus, dalam rakorwil ini merupakan momentum bagi Satkorwil Banser Jatim menyatukan kekuatan dan merapatkan barisan.

“Ini momentum untuk konsolidasi dan merapatkan barisan, sekaligus menata keorganisasian dan efektivitas Satkorwil Banser Jatim ke depan. Kita menata program-program, membuat dan melaksanakan diklat-diklat untuk banser di Jatim”, jelasnya.

Gus Irsyad menyampaikan, dalam perjalanannya nanti, pelaksanaan diklat khusus dapat digelar minimal dalam satu periode kepengurusan. Sehingga bisa dijadikan sebagai acuan bagi Satkorcab lainnya untuk menyelenggarakannya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Gus Irsyad juga menyampaikan tentang peran Banser dalam membantu pemerintah. Baik dalam upaya menanggulangi terorisme maupun melakukan pengamanan kegiatan masyarakat. Tidak terkecuali membantu aparat kepolisian dalam  pengamanan hari Peringatan Paskah 2021. Tentunya bekerjasama dengan aparat penegak hukum dan pemerintah daerah setempat.

“Nanti kita bagi-bagi tugas di beberapa segmen yang terdapat di Banser. Salah satunya untuk penanganan terorisme. Makanya kita nanti mendorong peran masing-masing. Seperti Baritim yang nantinya kader-kader kita melayani masyarakat di basis nelayan, Balakar untuk membantu pemadam kebakaran di hutan atau kebakaran lain, Bagana untuk membantu tanggap bencana, dan segmen-segmen lain”, tuturnya.

Banser memiliki satuan khusus yang cukup lengkap antara lain Basada, Balakar, Baritim, Bagana dan juga Balatas. Basada adalah satuan khusus dari Banser yang khusus menangani kesehatan yang juga diketuai oleh seorang dokter yaitu dokter adi.

Sebelumnya dijelaskan tentang masing-masing segmen di Banser. Seperti Balakar yang merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Timur berfungsi membantu dalam menanggulangi kebakaran. Juga Baritim (Banser Maritim) yang ditugaskan untuk merekrut dan memberdayakan kader an anggota di sekitar pantai dan pesisir pantai. Terutama pemberdayaan kepada para nelayan.

Dihadiri oleh sejumlah petinggi PW Ansor Jawa Timur, kegiatan digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Turut hadir pula Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Berikut jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, seperti Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan Ramdhanu Dwiyantoro dan Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh Burhan Fajari Arfian. (Eka Maria+Lukman)

 

 

 

 

 

 

 

  • 23:06:18
  • Admin Kominfo
  • 124 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga