04Apr2021

Stabilkan Harga Sembako Saat Ramadhan, Disperindag Kabupaten Pasuruan Bakal Gelar Pasar Murah

Untuk menstabilkan harga sembako yang biasanya naik pada saat bulan puasa, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan pada ramadhan tahun ini akan kembali menggelar Pasar Murah.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Diano Vela Ferry mengatakan, hingga saat ini, harga-harga sembako (sembilan bahan pokok) seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging hingga telur dan bawang putih masih stabil.

Seperti harga beras bengawan, untuk perkilonya masih di kisaran Rp 12 ribu. Kemudian gula pasir Rp 12 ribu, minyak goreng curah Rp 11 ribu per 1 liter, daging sapi murni  Rp 110 ribu perkilogramnya.

Selanjutnya, untuk daging ayam broiler perkilo sebesar Rp 34,5 ribu, telur ayam ras perkilo Rp 25,5 ribu, cabai merah besar kriting perkilo Rp 50 ribu, bawang merah Rp 32 ribu dan bawang putih Rp 26 ribu.

Hanya saja, harga cabai hingga kini naik turun. Jika sebelumnya sekitar Rp 57 ribu perkilo, kali ini naik menjadi Rp 60 ribu perkilo. Itu, terjadi di pasar tradisional Bangil. 

"Kalau harga sembako selain cabai masih stabil. Kalaupun ada kenaikan, mungkin hanya masih ratusan rupiah. Tapi kalau cabai memang masih tinggi," kata Diano, di sela-sela kesibukannya, Minggu (04/04/2021) sore.

Dengan masih tingginya harga cabai, Pasar Murah Ramadhan akan digelar dengan skema baru. Kata Diano, skema yang akan digunakan rencananya dengan memakai sistem Pasar Murah Online. 

Dalam prakteknya, warga yang akan berbelanja bisa melakukan order atau pemesanan melalui aplikasi yang nanti akan dibuat. Begitu selesai transaksi, para pembeli tinggal mengambil jenis sembako yang dibeli.

"Intinya bagaimana tidak membuat orang berjubel. Karena memang kalau yang datang ribuan, bisa berbahaya juga. Maka dari itu, rencananya kita buka melalui online dan juga transaksi di tempat," jelasnya.

Sementara itu, saat ditanya kapan realisasi kegiatan, Diano menegaskan bahwa pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan stake holder yang siap untuk bekerjasama melakukan gelaran itu, serta petunjuk Bupati Pasuruan.

"Masih kami rapatkan terus. Jadi nanti tekhnisnya seperti apa ya nunggu hasil kesepakatan. Ini untuk menghindari kerumunan," tandasnya. (emil)

 

 

 

  • 18:14:16
  • emil
  • 240 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga