02Mar2021

Pohon Kurma Di Wisata Kebun Kurma Pasuruan Berbuah Setiap Hari

Pohon-pohon kurma di Wisata Kebun Kurma Pasuruan, terus berbuah setiap bulannya.

Total ada 60 pohon kurma yang berbuah dan siap dinikmati oleh setiap pengunjung yang ingin datang ke sana.

Owner Wisata Kebun Kurma Pasuruan, Rusti Widayati mengungkapkan, puluhan pohon kurma yang berbuah berasal dari jenis yang berbeda. Mulai dari ajwa, mojol, barhe hingga kurma liar asli Indonesia.

“Semua jenis kurma banyak tumbuh dan berkembang di sini. Termasuk kurma liar yang kalau kata orang bilang, habis dimakan , bijinya dibuang terus tumbuh. Rasanya manis sekali,” kata Wida, di sela-sela melihat para pekerja yang melakukan treatment di salah satu area kebun kurma, Selasa (02/03/2021) pagi.

Dalam satu pohon, kurma yang dipanen bisa sampai 50 kilogram. Kata Wida, untuk mendapatkan hasil yang melimpah, pola perawatan harus diperhatikan. Mulai dari pemupukan sampai proses mengkawinkan antara pohon jantan dan betina.

“Pupuknya harus seimbang. Kebetulan di sini kita manfaatkan daun dan pelepah yang kita cacah, kemudian kita taburkan lagi sebagai pupuk. Yang penting, pohon itu punya nyawa, jadi harus disayang dan dirawat seperti kita memiliki keluarga,” terangnya.

Sampai saat ini, total terdapat 490 pohon kurma yang sudah selesai ditanam. Akan tetapi untuk bibit  yang ada di tempat ini, jumlahnya mencapai ribuan yang nanti siap tanam di areal seluas 6,3 hektar. Menurut Wida, antara pohon satu dengan yang lain diberi jarak yang cukup panjang, dikarenakan agar setiap pohon bisa tumbuh dengan tinggi dan ukuran yang sama, serta berbuah dengan maksimal dan rata.

“Kalau jaraknya terlalu dekat atau empet-empetan, pengaruhnya juga ke pertumbuhan pohon itu sendiri. Jadi jaraknya harus diatur,” jelasnya.

Selain bisa melihat pohon-pohon kurma, pengunjung juga bisa membeli berbagai makanan dan minuman olahan dari kurma di sini. Lalu, ada juga yang menjual batik corak kurma.

Tak berhenti sampai di situ, Wisata Kebun Kurma cukup instagramable untuk dijadikan latar berfoto. Sehingga, tempat ini cocok untuk Anda yang gemar fotografi. Melansir Instagram Wisata Kebun Kurma, tempat wisata ini membanderol harga tiket masuk senilai Rp 15.000 untuk weekday dan Rp 20.000 untuk weekend.

Sementara itu, selama masa pandemi, Wisata Kebun Kurma menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti pengecekan suhu tubuh, mewajibkan pengunjung mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

“Kami buka sabtu dan minggu saja. Semoga dalam waktu dekat bisa kayak dulu lagi, setiap hari buka,” pungkasnya. (emil)

  • 18:29:32
  • emil
  • 272 kali dilihat
  • Pariwisata
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga