02Mar2021

Transformasi Digital Solusi Strategis Untuk Kompetitif

Transformasi digital adalah solusi strategis bagi bangsa Indonesia agar lebih kompetitif. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur peningkatan konektivitas fisiknya harus dibarengi dengan pembangunan konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara.

Kata Presiden Joko Widodo, konektivitas fisik dan digital tersebut juga sangat diperlukan untuk mempercepat pelayanan publik dan memperkokoh persatuan bangsa. Tak hanya untuk kepentingan ekonomi saja, tetapi sekaligus berfungsi sebagai perekat negara Indonesia yang sangat besar.

"Semua ini bukan hanya untuk kepentingan ekonomi semata. Tetapi ini juga untuk merangkai negara kita yang sangat besar ini dan berpulau-pulau. Juga mempercepat pelayanan pendidikan, kesehatan, mendukung sinergi budaya nusantara. Tentu saja untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar", jelas Presiden.

Oleh karena itu dibutuhkan penyiapan talenta digital untuk mewujudkan transformasi digital telah diupayakan pemerintah melalui berbagai program. Diantaranya melalui penyediaan kapasitas satelit multifungsi milik pemerintah (Satria), pembangunan menara-menara telekomunikasi hingga ke wilayah terdepan, terluar dan tertinggal. Berikut program beasiswa talenta digital dan Gerakan Nasional Literasi Digital.

"Transformasi digital merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan. Namun juga sangat penting untuk tetap menciptakan kedaulatan dan kemandirian digital," kata Presiden. Saat meluncurkan program Konektivitas Digital 2021 di Istana Negara, Jakarta, pada hari Jumat (26/2/2021).

Dalam implementasinya. Transformasi digital harus mewujudkan kedaulatan dan kemandirian digital. Diantaranya dengan terus mendorong penerapan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan meningkatkan pemakaian produk-produk dalam negeri. Tidak terkecuali selalu mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa.

"Saya berharap agar program Konektivitas Digital 2021 menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa Indonesia. Tentunya dengan teknologi, pola pikir, kesempatan bisnis global dan dengan masa depan baru menuju Indonesia Maju", tandasnya seperti yang dilansir di laman setneg.go.id. (Eka Maria)

  • 11:34:50
  • Admin Kominfo
  • 50 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga