20Jan2021

Tahun Ini, Pasar Winongan Akan Direvitalisasi

Setelah beberapa pasar daerah selesai diperbaiki pada tahun 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten Pasuruan pada tahun ini juga akan merevitalisasi Pasar Winongan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan, Diano Vella Fery mengatakan, revitalisasi Pasar Winongan dianggarkan sebesar Rp 4 Milyar. Anggaran tersebut berasal dari dana tugas pembantuan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) tahun 2021.

"Anggarannya bukan dari APBD, tapi dana tugas pembantuan APBN 2021," kata Diano di sela-sela kesibukannya, Rabu (20/01/2021) sore.

Dijelaskannya, revitalisasi Pasar Winongan merupakan bagian dari usulan kegiatan yang disampaikan Disperindag Kabupaten Pasuruan kepada Kementrian Perdagangan pada tahun 2020 lalu. Bahkan, sebenarnya usulan revitalisasi pasar daerah pada tahun ini bukan hanya di Winongan saja, melainkan juga Pasar Wonorejo.

"Yang kita usulkan revitalisasi pasar daerah di Winongan dan Wonorejo. Tapi yang disetujui melalui dana tugas pembantuan hanya Pasar Winongan saja," ungkapnya.

Lebih lanjut mantan Camat Sukorejo ini menegaskan bahwa dipilihnya Pasar Winongan sebagai lokasi revitalisasi, mengingat kondisi pasar yang memang sangat penting untuk diperbaiki. Sehingga diharapkan begitu selesai direvitalisasi, wajah Pasar Winongan akan terlihat cantik.

"Supaya terlihat modern dan enak dilihat. Kalau pasarnya bersih dan tertata rapi, orang mau belanja ke pasar juga nyaman dan betah berlama-lama," akunya.

Sementara itu, saat ditanya seputar kapan akan mulai digarap termasuk berapa kios dan los yang akan dibangun, Diano mengaku masih proses koordinasi dengan Pemerintah Pusat. Namun ia memastikan Detail Engineering Design (DED)-nya sudah ada. Termasuk kelengkapan berkas pengusulan pejabat kuasa pengguna anggaran dan lainnya.

“Besok saya akan ke Jakarta untuk koordinasi langsung dengan Kementerian. Mudah-mudahan secepatnya sehingga dalam beberapa waktu ke depan sudah bisa dimulai," jelasnya.

Seperti diketahui, 6 pasar daerah yang sudah direvitalisasi terdiri dari Pasar Grati, Warungdowo, Ngempit, Purwosari, Sukorejo dan Gondangwetan. Revitalisasi keenam pasar tersebut berasal dari APBN. Sedangkan revitalisasi yang berasal dari APBD Kabupaten Pasuruan juga sudah dilakukan di Pasar Nguling, Warungdowo, Purwosari dan Pasrepan. (emil)

  • 19:51:52
  • emil
  • 181 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga