04Jan2021

Meski Permintaan Turun Drastis, Petani Sedap Malam Di Kecamatan Rembang Terus Memanen

Para petani sedap malam di Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan terus mencoba bertahan di tengah permintaan pengiriman yang semakin menurun akibat Pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah Abdul Rokhim (37), petani sedap malam dari Desa Rembang. Ia mengungkapkan, sebelum adanya Pandemi, dalam satu hari bisa mengirim sebanyak 5000 ikat bunga sedap malam ke Bali, Jakarta dan kota besar lainnya.

Banyaknya permintaan tersebut berasal dari perhotelan, rumah makan dan restoran yang menjadi langganannya. Tapi kini, permintaan tersebut menurun drastis hingga hanya sebanyak 1000-1500 batang bunga sedap malam yang dikirim per dua hari sekali.

"Dulu kirim bunganya setiap hari lima ribu batang. Tapi sekarang dua hari sekali cuma seribu atau seribu lima ratus batang," ungkap Rokhim di sela-sela memanen bunga sedap malam di kebun miliknya, Senin (04/01/2021).

Dalam hal penjualan, Rokhim mematok harga Rp 1000 per 1 batang bunga sedap malam. Akan tetapi, untuk momen-momen tertentu seperti Hari Raya Imlek atau Hari Raya Idul Fitri, 1 batang bunga sedap malam dijualnya dengan harga hingga Rp 4000. 

"Pas pandemi ini, harganya ya cuma seribu rupiah per batang, karena kalau dinaikin, bisa gak ada yang pesen," terangnya.

Dengan semakin menurunnya jumlah permintaan bunga sedap malam, Rokhim pun terpaksa juga mengurangi jumlah buruh tani yang ia pekerjakan. Yakni dari 5 orang, sekarang hanya mempekerjakan dua orang saja.

"Dulu lima orang, tapi sekarang cuma dua orang saja mas. Ya mau gimana lagi, yang penting masih bisa untung meski tidak banyak," ucapnya.

Sementara itu, saat ditanya perihal omset, Rokhim juga mengaku harus bersabar, lantaran yang biasanya bisa meraup Rp 20-Rp 25 juta per bulan, kini hanya mentok di angka Rp 10 juta. Omset tersebut ia putar kembali untuk biaya perawatan, gaji buruh dan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari.

"Yang penting masih bisa produktif, dan sedap malam bisa terus laris di pasaran meski tak sebanyak sebelum ada Pandemi Covid-19," tutup Rokhim. (emil)

  • 20:26:30
  • emil
  • 557 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga