02Jan2021

Bupati: Waspadai Penipuan Di Medsos Bermodus Mengatasnamakan Akun Facebook Saya

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dengan keberadaan fake account atau akun palsu Facebook yang mengatasnamakan dirinya, yakni Irsyad Yusuf. Terlebih akun palsu tersebut saat ini digunakan sebagai media penipuan berkedok penawaran salah satu produk asuransi.

Dalam aksinya, pemilik akun palsu mengunggah status tentang penawaran produk multifinance Sinar Mas bertajuk Pinjaman Dana Dari Bantuan Pemerintah Peduli Covid-19. Adapun konten yang ditulis, “Mudah-mudahan program yang saya adakan ini bisa membantu para warga saya bisa menjadi warga yang lebih maju. Semoga bermanfaat”. Selanjutnya, sang penipu beralih menggunakan aplikasi Messenger yang terkoneksi secara otomatis melalui akun palsu buatannya tersebut sebagai media komunikasi dengan para calon korbannya. Berikut dengan kalimat ajakan yang dikirimkan agar mau bergabung dengan program yang ditawarkan dalam unggahan sebelumnya.    

Dalam klarifikasinya petang tadi, Sabtu (2/1/2021), Bupati menegaskan bahwa selama ini ia tidak pernah aktif bermain media sosial, baik Facebook maupun Messenger. Apalagi sampai mengisinya dengan unggahan status berisi konten bernada penawaran produk asuransi yang ditujukan kepada khalayak. Laiknya yang sore tadi telah diunggah si penipu dengan mengatasnamakan akun Facebook-nya tersebut.

Oleh karena itu Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Pasuruan yang sebelumnya pernah dihubungi pemilik akun palsu tersebut agar mengabaikan isi pesannya. Sekaligus lebih berhat-hati dengan modus penipuan serupa yang sangat berpotensi dilakukan pelaku lainnya dengan mengatasnamakan dirinya.

Pada bulan Oktober 2020 silam, nama Bupati Pasuruan juga pernah digunakan dalam aksi penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan. Kala itu dengan modus berupa surat yang seolah-olah dikirimkan oleh pimpinan tertinggi di Kabupaten Pasuruan tersebut, lengkap dengan kop dan nomor surat, lampiran berikut cap stempel nama Bupati Irsyad Yusuf. Isinya tentang permohonan dana untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada. Di dalam surat buatan si penipu tersebut menuliskan bahwa permintaan dana ditujukan kepada seluruh Pimpinan Direksi Perusahaan BUMN/BUMD/Pelayaran/Perindustrian/Perhotelan dan jenis usaha lainnya se-Pasuruan, tertanggal 17 Oktober 2020. (Eka Maria)

 

  • 20:14:38
  • Admin Kominfo
  • 1386 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga