18Nov2020

Sasar Tukang Becak, PKK Dan DWP Kabupaten Pasuruan Bagi-Bagi Berkat Maulid

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf membagikan ratusan “Berkat Maulid” ke tukang becak, Rabu (18/11/2020) siang.

Tak sendirian, istri Bupati Irsyad Yusuf itu membagikan berkat maulid bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pasuruan, Ny Anang Saiful Wijaya, meski di tempat yang berbeda. Lulis membagikan berkat maulid di sekitaran Pasar Warungdowo, sedangkan Ny Anang ke Pasar Wonorejo.

Dijelaskan Lulis, berkat maulid nabi berupa nasi kuning plus lauk pauk dan buah yang ditempatkan di atas cobek (istilah jawa berarti cowek) dan dibungkus plastic. Selain para tukang becak, Lulis juga membagikan berkat maulid ke para pedagang di sekitar Pasar Warungdowo, dengan tujuan agar sama-sama bisa mengingatkan akan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Momen Maulid Nabi Muhammad SAW ini berlangsung selama sebulan. Maka dari itu, PKK dan DWP ingin memberikan kontribusi dengan cara berbagi. Ya seperti inilah cara kami,” kata Lulis, di sela-sela acara.

Hanya saja, Lulis mengaku bahwa tradisi berkat maulid yang biasanya identik dengan cobek, kini sudah beralih dengan plastic. Oleh karenanya, melalui kegiatan bagi-bagi berkat Maulid ini, seluruh masyarakat kembali menjadikan cobek sebagai wadah yang selalu ada di dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Saya yakin di kampung, masjid atau musholla sudah banyak yang telah menggelar Maulud Nabi Muhammad SAW dan selalu ada cowek yang dibawa. Tapi seiiring perkembangan jaman, semua beralih ke plastic. Nah momen ini saya ingin mengulang apa yang terjadi di masa kecil saya dulu, ya pakai cowek ini,” tegasnya.

Di sisi lain, adanya acara bagi-bagi berkat maulid disambut antusias para tukang becak maupun para pedagang. Salah satunya adalah Mukhammad Fadholi (47) yang terlihat langsung pulang usai menerima berkat maulid dari PKK.

“Coweknya cantik. Isinya juga nasi kuning kesukaan anak saya. Jadi saya langsung pulang buat oleh-oleh,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelum membagikan berkat maulid, Ny Lulis terlebih dulu mengikuti acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan. Dalam acara tersebut, PKK dan DWP menghadirkan Nyai Haj Ucik Nurul Hidayati sebagai penceramah.

Selain itu, panitia juga memberikan hadiah berupa peralatan rumah tangga. Hadiah tersebut terdapat dalam nomor di bawah cobek yang dibawa oleh para undangan. (emil)

 

 

 

  • 14:55:59
  • emil
  • 169 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga