19Mar2020

Masjid Agung Bangil Dan Ponpes Sidogiri Disemprot Cairan Desinfektan

Pemkab Pasuruan terus melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 (Corona) dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke sejumlah lokasi vital.

Seperti yang terlihat pada Kamis (19/03/2020) pagi, dimana sejumlah petugas gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), PMI (Palang Merah Indonesia) maupun BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) melakukan penyemprotan cairan desinfektan di Masjid Agung Bangil dan Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri.

Dari pantauan di lapangan, penyemprotan pertama dilakukan di Masjid Agung Bangil. Total lebih dari 7 petugas yang melakukan penyemprotan di semua titik. Mulai dari tempat wudhu, gudang, teras hingga area yang digunakan untuk umat islam melaksanakan ibadah sholat lima waktu.

Selesai dari Masjid Agung Bangil, petugas kemudian bergerak menuju Ponpes Sidogiri untuk melakukan hal yang sama. Sejumlah titik pun menjadi sasaran penyemprotan cairan desinfektan. Utamanya pada masjid dan kamar para santri.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, tujuan dilakukannya penyemprotan cairan desinfektan adalah sebagai bagian pencegahan dan antisipasi potensi penyebaran Covid-19 di tempat-tempat keramaian.

“Seperti Masjid Agung Bangil yang menjadi pusat kegiatan ibadah umat islam. Kita pastikan kondisi masjid dalam keadaan bersih dan tidak ada kuman-kuman ataupun virus yang menempel, sehingga jamaah pun tidak khawatir untuk pergi ke Masjid,” katanya.

Begitu pula di Ponpes Sidogiri yang merupakan salah satu ponpes tertua di Kabupaten Pasuruan, Anang menganggap pentingnya penyemprotan desinfektan. Hal itu dikarenakan jumlah santri yang mencapai ribuan, sehingga penyemprotan adalah langkah tepat untuk mencegah penyebaran virus corona masuk di kalangan pondok pesantren.

“Kegiatan ini juga menindaklanjuti intruksi pemerintah pusat agar setiap daerah punya langkah cepat untuk mengantisipasi potensi Covid-19 mewabah hingga ke masyarakat di wilayah Kabupaten Pasuruan,” ujarnya.

Lebih lanjut Anang menegaskan bahwa penyemprotan cairan desinfektan tidak akan berhenti di dua tempat tersebut. Melainkan akan bergantian dari satu lokasi vital ke lokasi vital lainnya. Mulai dari perkantoran, tempat perbelanjaan hingga fasilitas umum lainnya.

“Kita akan terus memantau lokasi mana saja yang selalu dipadati oleh masyarakat. Kita juga punya Posko dan Layanan Tanggap Covid-19 Kabupaten Pasuruan serta Call Cneter 24 jam di nomor 085334415276. Silahkan bisa langsung diakses oleh masyarakat,” tegasnya. (emil)

  • 12:03:07
  • emil
  • 258 kali dilihat
  • Kesehatan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga