22Feb2020

Tambah 6 Ribu Eksemplar Buku Baru

Supaya minat baca masyarakat kian meningkat, koleksi buku di Perpustakaan daerah (Perpusda) Kabupaten Pasuruan, terus ditambah.

Tahun ini, anggaran untuk penambahan buku telah disiapkan. Yakni mencapai Rp 400 juta untuk membeli 6 ribu eksemplar buku baru.

Yusmiarto Eben, Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Pasuruan mengatakan, secara rutin, perpustakaan di daerah juga ditambah koleksinya dari APBD. Dan anggaran pembelian buku tahun ini memang meningkat dibandingkan 2 tahun sebelumnya yang hanya Rp 200 juta pertahun.

“Untuk tahun 2020 ini, anggaran pembelian buku cukup meningkat hingga lipat dua dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana anggaran mencapai Rp 400 juta atau kurang lebih mencapai 6 ribu eksemplar buku baru,” kata Eben, di sela-sela kesibukannya, Sabtu (22/02/2020).

Untuk anggaran Rp 400 juta tersebut, rencananya dibagi Rp 300 juta untuk pengadaan buku di 8 titik perpustakaan daerah yaitu di Perpustakaan di Bangil, Rembang, Pandaan, Purwosari, Gondangwetan, Grati, Nguling dan Tosari dan juga  2 mobil keliling. Dan Rp 100 juta untuk pengadaaan buku program perpustakaan keluarga.

Diungkapkan Eben, untuk buku akan didistribusikan merata. Saat ini koleksi buku terbesar berada di Grati hingga kurang lebih 17 ribu koleksi buku, dan paling sedikit yaitu di Rembang hanya dibawah 6 ribu koleksi tergantung lamanya didirikan.

“Rencananya untuk pengadaan buku ini rencananya lelang sudah dimulai triwulan 1 ini dan realisasi sudah bisa Maret mendatang,” terangnya.

Dijelaskan Eben,tambahan buku baru ini sangat penting. Selain untuk mengupdate koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah. Juga lebih menarik pengunjung jika ada koleksi buku baru yang rutin datang.

“Tingkat kebosanan para pembaca itu sudah pasti ada. Makanya penting sekali untuk kita upgrade,” singkatnya.

Lebih lanjut Eben menegaskan bahwa untuk koleksi buku baru, selain harus dibagi rata sesuai kebutuhan perpustakaan daerah yang ada. Juga harus memperhatikan kebutuhan pembaca. Seperti di daerah yang banyak pelajar, pasti lebih ditekankan buku pendidikan. Begitu pula untuk daerah pertanian juga memperbanyak buku pertanian dan wirausaha.

“Semuanya disesuaikan dengan lokasi dan culture penduduk,” pungkas Eben kepada Suara Pasuruan. (emil)

  • 18:34:22
  • emil
  • 203 kali dilihat
  • Pendidikan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga