14Feb2020

Bupati Irsyad Yusuf Launching SIAPADAKU

Masyarakat yang berperkara di Pengadilan Agama (PA) Bangil dan telah inkracht (mempunyai keputusan hukum tetap), tak perlu pusing memikirkan kepengurusan perubahan dokumen kependudukan lagi.

Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) dan PA Bangil memiliki produk inovasi yang dinamai “SIAPADAKU”.

SIAPADAKU merupakan singkatan dari Sistem Integrasi Pengadilan Agama dan Data Kependudukan. Nama produk ini dilaunching oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf bersama Ketua PA Bangil, Purnomo, di Hotel Transit, Kota Pasuruan, Jumat (14/02/2020) siang, serta disaksikan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Bahrussam Yunus.

Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi PA Bangil dalam penerbitan dokumen kependudukan yang baru. Utamanya KTP (kartu tanda penduduk), KK (kartu keluarga), dan akta kelahiran.

“Inovasi PA Bangil ini langsung kita sambut dengan jemput bola dari Dispenduk Capil. Masyarakat gak usah pusing lagi mengurus perubahan dokumen kependudukan,” katanya.

Dalam konteks di lapangan, setiap masyarakat yang ingin mencari keadilan, seperti kasus perceraian, hak asuh anak, asal-usul anak, terlebih dulu harus melengkapi persyaratan alias berkas kependudukan. Kata Yudha, penyerahan dokumen kependudukan akan dikeluarkan bersamaan dengan penyerahan dokumen putusan pengadilan yang sudah incraht.

“Ketika incraht sudah keluar, maka seketika itu kita keluarkan dokumen kependudukan yang baru. Kita serahkan bareng dengan dokumen putusan pengadilan agama,” terangnya.

Lebih lanjut Yudha menambahkan bahwa sebelum dilaunching, pihaknya sudah melakukan uji coba. Yaitu dengan menerbitkan sebanyak 120 dokumen kependudukan yang baru. Seluruhnya didominasi penerbitan KTP dan KK.

“Tetap yang paling banyak adalah status keluarga dari yang menikah menjadi duda atau janda. Kemudian di KK juga pasti mengikuti,” singkatnya kepada Suara Pasuruan.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf mengapresiasi inovasi PA Bangil yang didukung oleh Dispenduk Capil. Nama Produk Inovasi SIAPADAKU adalah satu kata yang bisa diingat terus oleh siapapun. Sehingga diharapkan layanan ini dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan.

“Selamat dan sukses telah melaksanakan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dalam melaksanakan tugas antaran Jajaran PA Bangil dan Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan. Sehingga kita bisa mensinergikan tugas pelayanan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan yang ingin mencari keadilan di PA Bangil,” urainya.

Ditegaskan Irsyad, SIAPADAKU merupakan bentuk inovasi pelayanan yang bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan, mempercepat penyelesaian dokumen kependudukan, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan public.

“Sudah sering saya sampaikan bahwa pelayanan public adalah segalanya bagi kami. Untuk itu, saya mendorong semua OPD terkait pelayanan, untuk semaksimal mungkin memberikan public service secara optimal. Karena itu adalah sebuah kepuasan tersendiri yang dirasakan oleh semua masyarakat,” ucapnya. (emil)

 

 

  • 17:54:55
  • emil
  • 151 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 27

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

27 Nop 2019 (Tanggal Berakhir)

Kecamatan Wonorejo

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga