17Dec2019

Taman Bunga Firdaus. Sajikan Pesona Indah Berlatar 3 Pegunungan

Desa-Desa di Kabupaten Pasuruan, perlahan mulai berani menunjukkan geliat pariwisata. Kali ini adalah Taman Bunga A’DN Firdaus yang berada di Dusun Kedondong, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan.

Keberadaan taman ini menjadi viral akhir-akhir ini, setelah banyak yang memposting di media social. Utamanya dengan banyaknya tanaman celosia warna-warni dan hamparan bunga matahari yang menghiasi sekeliling taman, plus ditambah kincir angin. Menambah cantik dan menarik tempat wisata yang satu ini.

Saat membuktikan kebenarannya, Selasa (17/12/2019),  Suara Pasuruan dan Wisatawan yang datang ke lokasi, memang dibikin takjub. Alhasil, seluruh pengunjung yang datang, langsung berswafoto dengan latar belakang Gunung Penanggungan dan Gunung Arjuno-Welirang.

Kepala Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Niam Sovie mengatakan, Taman Bunga Adn Firdaus ini adalah BUMDES (Badan Usaha Milik Desa).Dimana setiap pengunjung yang datang hanya membayar Rp 5 ribu sebagai tiket masuk, dan parkir kendaraan sebesar Rp 3 ribu.

"Berdasarkan kesepakatan warga, parkirnya Rp 3 ribu sedang tiket masuk Rp 5 ribu. Namun kalau hari besar atau ada pameran tiketnya Rp 10 ribu,"katanya.

 Ia menceritakan, sejarah berdirinya BUMDES Taman Adn Firdaus ini sebenarnya digagas 5 tahun yang lalu. Namun, baru 6 bulan kemarin baru terealisasi. Kini, Taman Bunga Adn Firdaus pun telah dibuka secara resmi.

"Adn Firdaus ini sebenarnya impian kami 5 tahun lalu. Namun perjumpaan dengan Mas Ardi (warga Sumbergedang) membuat cepat tereksekusi," terang Niam Sovie.

Selama 6 bulan, pengembangan taman bunga mulai pembukaan jalan, perataan tanah, dan pengerjaan taman menghabiskan Rp 1,8 Miliar.

“Dananya ya kita iuran, jadi kita kerjasama dengan masyarakat. Yang jelas pembangunan Adn Firdaus ini kita 0 persen dana desa (DD) atau alokasi dana desa (ADD). Kita 0 persen tanah bengkok," ungkapnya.

Menurutnya, lokasi seluas 7 hektar ini dulunya adalah sawah padi dan warga yang mau diajak bergerak maju kemudian menyerahkan tanahnya untuk disewa dan dijadikan wahana wisata.

"Sebagai gantinya, yang punya lahan ini kita karyakan sebagai perawat tanaman bunga," tukasnya.

Sementara itu, Ardi Roistam selaku pengelola dan perancang Taman Bunga Adn Firdaus mengatakan kawasan ini direncanakan akan dibuat sebagai tempat wisata edukasi. Salah satunya wisata edukasi pembibitan bunga.

"Kita juga akan siapkan kampung kelinci, kambing dan ikan Salmon of Java atau ikan sengkaring khas desa ini. Jadi para anak-anak bisa langsung memberikan makanan atau menangkap ikan atau kelinci untuk dibawa pulang," kata Ardi. (emil)

 

  • 15:57:07
  • Admin Kominfo
  • 1388 kali dilihat
  • Pariwisata
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

MAR 02

KETAPEL PAK LADI (Kegiatan Tukar KTP-el Langsung Jadi)

Penukaran Surat Keterangan pemohon yang masih belum pernah punya KTP-el & pernah melakukan perekaman KTP-el tapi tidak pernah punya KTP-el sebelumnya

17:00 pm - 19:00 pm

30 Mar 2020 (Tanggal Berakhir)

Kantor Kecamatan Kraton, Lekok, Beji, Grati, Purwosari, Purwodadi, Rembang, Kejayan. Nguling, Wonorejo, Gondangwetan, Pasrepan, Tutur, Winongan, Rejoso, Lumbang, Pohjentrek, Puspo, Tosari

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga