16Nov2019

Puluhan Ribu Warga Ikuti Jalan Sehat Stop Rokok Illegal

Puluhan ribu warga memadati Lapangan Helipad di PT Trisakti Purwosari Makmur, Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (16/11/2019) pagi.

Ya, mereka mengikuti Jalan Sehat Stop Rokok Ilegal yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan bersama Radar Bromo Jawa Pos.

Dari pantauan di lapangan, puluhan ribu warga tak hanya mengikuti jalan sehat saja. Mereka juga antusias melakukan senam, hiburan sampai pembagian ratusan doorprize.

Tepat pukul 7 pagi, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf memberangkatkan para peserta jalan sehat. Tak hanya Bupati Irsyad, pemberangkatan para peserta juga disaksikan Wakil Bupati, KH Abdul Mujib Imron; Sekda Agus Sutiadji; Kepala Bea Cukai Pasuruan, Hannan Budiharto, dan undangan lainnya.

Kegiatan yang digelar oleh ini bertujuan untuk memerangi rokok ilegal. Tak hanya mengajak masyarakat sehat dengan jalan sehat. Namun juga memberikan pengetahuan terkait bahaya rokok ilegal.

Sebelum memberangkatkan, Bupati Irsyad Yusuf mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah datang dan berpartisipasi dalam “Jalan sehat stop rokok ilegal”. Dalam sambutannya, Irsyad mengatakan, Kabupaten Pasuruan merupakan daerah penyumbang cukai terbesar di Indonesia hingga mencapai Rp 51 Trilyun. Serta daerah penerima DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) yang juga besar. Yakni mencapai Rp 172 -180 Miliar setiap tahunnya.

“Dalam kesempatan ini, selain kita jalan sehat, semua masyarakat harus ikut memerangi peredaran rokok ilegal. Rokok ilegal ini jelas merugikan negara. Di Kabupaten Pasuruan sendiri ada 65 perusahaan rokok yang telah menyumbang ke Negara sampai trilyunan rupiah. Juga dana bagi hasil cukai tembakau yang sangat besar,” katanya.

Sementara itu, Hannan Budiharto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan mensosialisasikan kepada masyarakat agar ikut mengawasi peredaran rokok ilegal.

“Tidak boleh membuat rokok tanpa ijin, termasuk memantau pita cukai yang ada di rokok, kalau tidak ada pita cukai berarti ilegal termasuk kalau pita cukainya jelek berarti termasuk rokok ilegal juga,” ujarnya.

Di sisi lain, Bupati Irsyad dan Wabup Mujib ikut urunan menyumbang 1 kambing yang menjadi doorprize utama tambahan kepada peserta yang hadir. Kedua pemimpin Kabupaten Pasuruan tersebut sengaja menyumbang 1 ekor kambing, lantaran tingginya antusiasme peserta yang hadir mulai pagi hingga siang hari.

Selain sosialisasi terkait Stop Rokok ilegal, acara yang dipandu MC Agnes dan Emil itu juga menyediakan ratusan hadian. Mulai dari sepeda gunung, handphone, televisi LED, mesin cuci, kulkas, dan alat elektronik lainnya. Hiburan makin meriah setelah Gerry Mahesa dan Ratna Antika tampil dengan iringan Padhang Howo Band. Membawakan lagu-lagu populer seperti Cendol Dawet, Entah Apa Yang Merasukimu dan lainnya. (emil)

  • 18:34:44
  • emil
  • 303 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 27

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

27 Nop 2019 (Tanggal Berakhir)

Kecamatan Wonorejo

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga