10Oct2019

RSUD Bangil Tegaskan Pelayanan Pada Pasien Sesuai SOP. Kalau Ada Ketidakpuasan, Silahkan Dengan Bahasa Yang Sopan Dan Santun

RSUD (rumah Sakit Umum Daerah) Bangil akhirnya angkat bicara terkait berita permasalahan layanan rumah sakit maupun kejadian yang mengakibatkan adu mulut antara salah satu dokter dengan keluarga salah satu anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Senin (07/10/2019).

Melalui Dr Jundi Agustoro selaku Wakil Direktur RSUD Bangil, pihak RS menegaskan bahwa ada miskomunikasi antara dokter penanggung jawab pasien dan keluarga pasien (Bapak J). Khususnya saat dokter memberikan penjelasan dan edukasi terkait kondisi pasien dan tindakan yang telah dan akan dilakukan terhadap pasien.

“Kami sudah melakukan klarifikasi pada dokter yang bersangkutan sampai perawat dan petugas. Dan dari hasil audit bahwa pelayanan yang diberikan kepada pasien sudah sesuai dengan SOP (standar prosedur operasional),” kata Dr Jundi, di sela-sela kesibukannya, Kamis (10/10/2019).

Hanya saja, pihak RSUD Bangil juga sangat menyayangkan kejadian tersebut. Termasuk sikap salah satu dokter yang ikut terpancing emosinya, sehingga membalas perkataan keluarga pasien dengan kata-kata yang kurang pantas. Menurut Dr Jundi, pihaknya telah memberikan peringatan kepada dokter tersebut, dan dokter mengatakan bahwa kata-kata tersebut keluar begitu saja secara spontanitas, tanpa ada unsur kesengajaan.

“Dokter yang menangani pasien telah kami peringatkan, dan dia menerima. Katanya itu reflex dan keluar secara spontan karena sama-sama sedang emosi. Tapi kalau terkait SOP, dokter tersebut sudah melaksanakan dengan tepat,” ungkapnya kepada Suara Pasuruan.

Dengan adanya kejadian tersebut, RSUD Bangil menjadikan hal ini sebagai pelajaran berharga. Utamanya dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pasien, ke depannya. Kata Dr Jundi, setiap petugas kesehatan wajib memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien, tanpa harus mengeluarkan kata-kata yang tak pantas atau body language yang buruk terhadap pasien.

Sebaliknya, masyarakat juga diharapkan dalam menyampaikan saran/masukan/pertanyaan kepada petugas, bisa melalui mekanisme yang sudah disediakan oleh RSUD Bangil.

“Istilahnya adalah sama-sama saling tepo seliro. Dokter juga berusaha sekuat tenaga. Pasien harus semangat sembuh, dan keluarga pasien berdoa untuk kesembuhan pasien. Kalau ada pelayanan yang kurang maksimal, bisa langsung disampaikan dengan menggunakan bahasa yang santun dan sopan, biar sama-sama enak,” tegasnya. (emil)

 

  • 18:34:23
  • emil
  • 654 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

OCT 17

Konser Didi Kempot

00:00 am - 00:00 am

17 Oct 2019 (Tanggal Berakhir)

Pintu Langit Ledug, Prigen

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga