05Sep2019

Dibanding 2018, Jumlah Sapi Qurban Tahun Ini Lebih Banyak

Sepanjang pelaksanaan Idul Adha kemarin, jumlah hewan kurban yang tersembelih mencapai 13.502 ekor. Kendati secara jumlah lebih menurun dari tahun lalu. Namun peningkatan justru terjadi di kurban sapi yang meningkat hingga 2.452 ekor dibandingkan tahun 2018 lalu.

Drh Ainur Alfiyah, Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari Dinas Peternakan, selama pelaksanaan Idul Adha kemarin selain melakukan postmortem atau pemantauan kualitas daging kurban setelah disembelih. Juga mendata hewan kurban di Masyarakat.

“Jadi selama hari Tasyrik yaitu pada hari H sampai H+3, dari petugas Dinas Peternakan terus melakukan pemantauan di masyarakat. Selain melihat kualitas daging atau dalaman hewan kurban. Juga mendata jumlah hewan kurban,” kata Alfiyah saat ditemui di kantornya, Kamis (05/09/2019).

Dijelaskannya, untuk menghitung jumlah hewan yang diqurban, ada lebih dari 100 petugas peternakan yang memantau mulai dari Masjid, sekolah sampai Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Dari situ juga mendata masyarakat yang melakukan pemotongan hewan selama Idul Adha kemarin.

Alfiyah menegaskan bahwa jumlah hewan kurban di Kabupaten Pasuruan selama Idul Adha kemarin mencapai 13.502 ekor. Diakui memang dari segi jumlah ada penurunan dari tahun lalu yang mencapai 13.775 ekor.

“Untuk jumlah hewan kurban ini memang tidak bisa diprediksi, karena sangat bergantung juga pada niat Masyarakat. Selain tingkat ekonomi juga partisipasi masyarakat untuk melaksanaan ibadah menyembelih hewan kurban,” terangnya.

Kendati cenderung ada penurunan, namun justru jumlah sapi yang dipotong tahun ini lebih meningkat. Jika tahun 2018 lalu hanya 2.215, tahun ini meningkat hingga 236 ekor menjadi 2.452 ekor. Sedangkan hewan kurban untuk kambing dan domba memang cenderung ada penurunan. Untuk kambing turun dari 3.324 menjadi 3.064 sedangkan domba turun dari 3.324 menjadi 3.064 ekor. (emil)

 

  • 13:46:36
  • emil
  • 99 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

OCT 02

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

08:00 am - 13:00 pm

02 Oct 2019 (Tanggal Berakhir)

Kecamatan Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga