13Jun2019

Dukung Peran Guru Di Era Digitalisasi

Guru adalah pahlawan pencerdas bangsa. Itulah kata singkat yang diucapkan Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf saat berhalal bihalal dengan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) Kabupaten Pasuruan, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kamis (13/06/2019).

Di hadapan ratusan guru, kepala sekolah dan pengawas se-Kabupaten Pasuruan, Irsyad mengangkat topi untuk semua dedikasi, pengorbanan dan perjuangan para guru dalam meningkatkan mutu pendidikan para peserta didik.

“Meski bukan hari guru, saya sangat berterima kasih untuk semua jasa para guru yang telah mencerdaskan anak-anak kita semua. Meski sudah tidak ada lagi istilah guru tanpa tanda jasa, tapi guru adalah pahlawan pencerdas bangsa,” katanya.

Di era digitalisasi seperti sekarang, guru dihadapkan banyak tantangan. Mulai dari tingkah laku anak, kondisi geografis hingga kemajuan teknologi itu sendiri. Oleh karenanya, program Wak Muqidin (Wayahe Kumpul Mbangun TPQ dan Madin) sangat membantu untuk menyempurnakan tujuan pendidikan yang termaktub dalam Undang-Undang Dasar 1945.

“Tujuan pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu, program Wak Muqidin akan terus kita sosialisasikan hingga masuk ke semua lini masyarakat,” imbuhnya.

Terlebih, adanya Wak Muqidin sangat penting untuk membentengi anak terhadap dampak buruknya kemajuan teknologi. Serta memperbaiki perilaku anak dan moral anak yang terus terdegradasi.

“ Pendidikan di Kabupaten Pasuruan yang penuh dengan tantangan dan masalah di dalam menghadapi era digital. Kita siapkan Wak Muqidin yang khusus untuk membentengi dari era digitalisasi, karena kita tahu bahwa saat ini semakin banyak menurunnya degradasi akhlaq atau moral. Kita ingin perilaku hormat terhadap guru, orang tua, saling menyayangi sesama kembali seperti semula,” jelasnya kepada Suara Pasuruan.

Hanya saja, untuk membentuk perilaku anak yang berakhlaqul karimah, perlu adanya kekompakan semua pihak. Mulai dari Pemerintah, Dewan Pendidikan, Ormas, LSM, Alim Ulama, tokoh masyarakat hingga orang tua sebagai leading sector utama.

“Kita keroyok bareng-bareng. Saya mohon dewan pendidikan untuk evaluasi program yang kita laksanakan, agar berjalan efektif dan efisien Dengan anggaran yang tidak terlalu banyak, tapi outcome nya yang bisa maksimal. Selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan, terima kasih atas kekompakannya,” tandasnya. (emil)

  • 14:32:46
  • emil
  • 150 kali dilihat
  • Olahraga
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

AUG 21

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

21 Aug 2019 (Tanggal Berakhir)

Kecamatan Rejoso

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga