15May2019

Melepas Rindu, Ratusan Warga Binaan Rutan Bangil Buka Puasa Bersama Keluarganya

Momen berbuka puasa paling nikmat adalah bersama dengan keluarga. Ketika terpisah, apalagi karena berurusan dengan hukum, sudah pasti pemandangan tersebut tidak akan terjadi.

Namun, apa yang dilakukan Rutan (Rumah Tahanan) Kelas II B Bangil sungguh mulia. Sebanyak 529 warga binaan dikumpulkan jadi satu di Halaman Tengah Rutan Bangil, Rabu (15/05/2019) sore.

Mereka dipersilahkan bertemu dengan keluarganya, sekaligus berbuka puasa bersama. Tentu saja, kesempatan langka tersebut tak disia-siakan warga binaan untuk bisa berkumpul dengan sanak saudaranya.

“Seneng sekali mas, bisa bertemu orang tua saya di Pasuruan. Saya jauh dari Bekasi, dan saya sangat berterima kasih karena bisa diberi kesempatan untuk berbuka puasa bersama ibu dan adik-adik saya,” ungkap Azis (42), salah satu warga binaan.

Azis adalah satu dari ratusan warga binaan yang mau gak mau harus menjalani ibadah puasa di balik jeruji besi. Kedatangan anggota keluarganya menjadi sebuah pemandangan yang penuh isak tangis.

Salah satu anggota keluarga warga binaan yang lain, yakni Mariati (44), tak kuasa menahan air mata setelah bertemu dengan suami yang sangat dicintainya. Momen dua jam dia pergunakan untuk bercanda sekaligus membawakan masakan kesukaan suaminya, yakni nasi kelor plus ikan tongkol sebagai lauknya. 

"Sedih karena dua tahun harus ditinggal suami karena menjalani hukuman. Ini saya bawakan kuah kelor dan ikan tongkol kesukaannya. Semoga bisa membuat suami saya tersenyum karena kangen masakan saya, " ungkap Mariati sembari mengusap air matanya. 

Sementara itu, Kepala Rutan Bangil, Wahyu Indarto menegaskan bahwa setiap pengunjung dipersilahkan membawa makanan atau minuman.  Hanya saja, untuk mengantisipasi besar kecil kemungkinan terjadinya penyelundupan barang berbahaya atau pertukaran orang, pihaknya melakukan pemeriksaan ekstra ketat. 

"Bahkan kita libatkan petugas administrasi dan lainnya yang sedang libur. Saya intruksikan untuk membantu pemeriksaan. Mengingat jumlah pengunjungnya sampai 396 orang plus anggota keluarganya yang lain, maka pemeriksaan juga kita perketat" imbuhnya. 

Ditambahkan Wahyu, sebelum berbuka puasa, para warga binaan dan keluarganya dikumpulkan di halaman tengah untuk mendengarkan penjelasan dari Rutan Bangil sembari menunggu adzan maghrib sebagai pertanda waktu berbuka.

"Acara buka puasa ini sengaja kita gelar untuk menurunkan tingkat stress maupun emosi dari warga binaan.  Apalagi mendekati Lebaran, emosinya kadang labil karena saking rindunya dengan keluarga dan tempat tinggalnya," beber dia.  (emil)

 

  • 18:04:17
  • emil
  • 281 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

JUL 24

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

24 Jul 2019 (Tanggal Berakhir)

Lapangan Desa Nguling

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga