14May2019

Bupati Irsyad Yusuf Resmikan Pasar Murah 2019

Sebagai bagian dari langkah antisipatif lonjakan harga sembako di bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Pasar Murah 2019.

Sebagai lokasi pertama digelarnya Pasar Murah adalah di Lapangan Desa Jeruk Purut, Kecamatan Gempol yang dibuka secara resmi oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Selasa (14/05/2019).

Selain Bupati Irsyad, Pembukaan Pasar Murah tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron, Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Lulis Irsyad Yusuf, Wakil Ketua I TP PKK, Ny Nanik Asnawati Mujib Imron, Kapolres Pasuruan, AKBP Rizal Martomo, Ketua PN Bangil, Sri Sulastri dan pejabat lainnya.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Pasuruan, Soeharto, setidaknya ada 5 lokasi penyelenggaraan Pasar Murah. Yakni Lapangan Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen pada tanggal 16 Mei; Lapangan Desa Gerbo, Purwodadi pada tanggal 21 Mei; Lapangan Desa Sambisirah, Wonorejo pada tanggal 22 Mei, serta Lapangan Desa Kemantrenrejo, Kecamatan Rejoso pada tanggal 23 Mei 2019.

Digelarnya Pasar Murah adalah untuk mengantisipasi tren naiknya harga sembako pada bulan ramadhan maupun menjelang lebaran. Pasalnya pada bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri kebutuhan konsumsi untuk bahan kebutuhan pokok cenderung mengalami peningkatan, sehingga dapat mengakibatkan kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat.

“ Akhirnya dapat melemahkan daya beli masyarakat terutama warga kurang mampu. Untuk itu, sebagai bagian dari langkah pemantauan dan pelaporan terkait perkembangan harga harian, maka kita gelar Pasar Murah ini,” katanya.

Selama pasar murah berlangsung, Disperindag bekerja sama dengan beberapa pihak yang terlibat sebagai pengisi atau berpartisipasi dalam menjual kebutuhan sembako. Kata Edy, peserta pasar murah terdiri dari OPD terkait (Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Disperindag), 24 kecamatan, IKM dan UKM, Perusahaan, BUMN, Bank Jatim, Bank Indonesia, Hiswana Migas dan perusahaan lainnya.

“Semua jenis sembako akan kita jual dengan harga miring. Pasti lebih murah dari pasaran, sehingga saya himbau untuk masyarakat agar beramai-ramai datang ke Pasar Murah 2018,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf dalam sambutannya mengajak kepada seluruh warga Gempol dan sekitarnya untuk datang ke Pasar Murah. Selain harganya lebih rendah dibanding harga pada pasaran umumnya, ketersediaan barang yang dijual juga lengkap.

“Silahkan datang selama dua hari ini. Kita gelar Pasar Murah supaya masyarakat, khususnya yang kurang mampu dapat membeli dengan harga yang relatif murah, “ tandasnya.(emil)

 

  • 13:40:17
  • emil
  • 357 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

JUL 24

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

24 Jul 2019 (Tanggal Berakhir)

Lapangan Desa Nguling

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga