09May2019

Tunggu Kepastian Kuota Tambahan Haji Tahun 2019

Meskipun secara nasional pembagian kuota tambahan 10 ribu Calon Jemaah Haji (CJH) sudah diumumkan akhir April lalu. Namun per kota/Kabupaten masih belum ditetapkan.

Oleh karenanya, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan memastikan kuota tambahan tersebut bisa masuk di pelunasan tahap ketiga.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari 10 ribu kuota tersebut, Jawa Timur mendapatkan jatah tambahan 436 kursi. Akan tetapi dari 436 kursi tersebut, belum ada penetapan tambahan kursi di tiap kota/Kabupaten di Jawa Timur. Termasuk di Kabupaten Pasuruan.

“Sampai sekarang kita masih fokus ke pelunasan tahap kedua untuk lansia dan penggabungan keluarga. Untuk tahap kedua ini ditutup sampai 10 Mei mendatang,” kata Imron, di sela-sela kesibukannya, Kamis (09/05/2019).

Imron menjelaskan, kuota tambahan diatas ada kemungkinan akan dibuka pada pelunasan di tahap ketiga. Kendati di tahun-tahun sebelumnya tidak ada pelunasan tahap ketiga. Namun dengan tambahan tersebut maka bisa ada tahap ketiga. Sedangkan dari kemenag Pusat juga akan menunggu pelunasan tahap kedua berakhir.

 “Sehingga jika ada yang tidak melunasi nanti akan dihitung kembali kuota yang kosong. Dan nantinya di tahap ketiga juga akan ditambah bersama dengan kuota 10 ribu kursi tambahan,” terangnya.

Di sisi lain, dengan informasinya berapa tambahan kuota untuk Kabupaten Pasuruan, Kemenag Kabupaten Pasuruan masih akan menunggu terkait kuota, Petunjuk Teknis (Juknis) terkait tambahan CJH dan juga tanggal pelaksanaan. Namun ada kemungkinan pelunasan di tahap ketiga nantinya yang masuk adalah lansia yang sebelumnya masih belum masuk di tahap kedua dan juga cadangan yang sudah diumumkan beberapa bulan lalu yang bisa masuk kuota keberangkatan tahun ini.

“Ya paling diprioritaskan adalah untuk lansia yang usianya di atas 70 tahun,” singkat dia kepada Suara Pasuruan. (emil)

  • 17:47:41
  • emil
  • 193 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

JUN 27

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

27 Jun 2019 (Tanggal Berakhir)

Kecamatan Purwodadi

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga