13Apr2019

Pemkab Pasuruan Belum Pastikan Pemindahan Kantor Baru Ke Raci, Bangil

Pemerintah Kabupaten Pasuruan masih belum bisa memastikan realisasi dari rencana memindahkan semua pemerintahan ke Kecamatan Bangil, akan kembali berlanjut pada tahun ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji mengatakan, Pemkab Pasuruan masih belum bisa memastikan kapan akan segera dibangun kantor Pemkab di Kecamatan Bangil. Kalaupun ada, maka yang diutamakan dahulu adalah kantor Dinas yang masih ada di Kota Pasuruan.

“Sampai dengan sekarang, masih belum ada pembahasan terkait rencana pembangunan kantor baru di Raci. Kalaupun memang ada, maka yang didahulukan adalah kantor yang ada di Hayam Wuruk,” kata Agus di sela-sela kesibukannya, Jumat 12/04/2019).

Agus menjelaskan bahwa Pemkab Pasuruan memang ada rencana untuk memindahkan semua kantor pemerintahan termasuk kantor Bupati ke Kecamatan Bangil yang merupakan ibu kota Kabupaten Pasuruan.

“Sudah ada perencanaan terkait hal tersebut, tapi pastinya kita masih belum bisa memastikan,” terangnya.

Sehingga target pemindahan kantor ini dalam tahun ini ataupun tahun depan dipastikan belum bisa terealisasi. Ini lantaran untuk memindahkan Kantor di Jalan Hayam Wuruk, Kota Pasuruan ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit .Sehingga selain dibutuhkan lahan yang cukup representatif. Juga kajian ini harus melibatkan juga semua komponen termasuk persetujuan DPRD Kabupaten Pasuruan.

Dengan dibutuhkan anggaran yang besar, Agus Sutiadji mengatakan dari Pemkab Pasuruan berencana untuk memindahkan dulu kantor Dinas-Dinas yang masih ada di kota Pasuruan. Misalnya Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) atau Badan keuangan Daerah (BKD) yang masih jadi satu di Kantor Hayam Wuruk.

“Kalau pemindahan Kantor Bupati dan lain-lain kebutuhan anggaran besar, kita usahakan utamakan dulu yang kecil misal kantor dinas yang ada  di kota seperti Dinas Pariwisata atau Keuangan yang lebih dulu dipindah ke Bangil,” terangnya.

Tercatat setelah 7 Dinas di Kota Pasuruan pindah ke Kompleks Perkantoran Raci, Bangil pada tahun 2017 lalu. Saat ini tersisa 5 kantor Dinas yang masih berada di Kota Pasuruan yaitu Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Badan Keuangan Daerah dan Badan Kepegawaian Dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah. (emil)

  • 16:20:01
  • emil
  • 254 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

JUN 27

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

27 Jun 2019 (Tanggal Berakhir)

Kecamatan Purwodadi

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga