12Feb2019

Manfaatkan Blog Dan Media Sosial, KIM Indrokilo Promosikan Situs Bersejarah

Kekayaan bumi Kabupaten Pasuruan memang sangat bervariasi. Hal ini dibuktikan oleh beberapa potensi daerah khas Kabupaten Pasuruan yang sangat bermacam-macam mulai dari keindahan alamnya, makanannya, tradisinya, dan juga budayanya. Potensi-potensi ini mulai dikembangkan dengan sangat baik oleh masyarakat untuk memajukan desanya masing-masing.

Kegiatan promosi dalam rangka memperkenalkan daerahnya ini juga dilakukan oleh masyarakat Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Berada di tempat tertinggi di wilayah Kecamatan Prigen, Desa Dayurejo menyimpan harta bersejarah yang belum dikenal masyarakat Kabupaten Pasuruan. Untuk itu, saat ini Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Indrokilo Desa Dayurejo bergerak untuk mempromosikan potensi budaya yang bernilai sejarah tersebut kepada seluruh masyarakat melalui media online yang dikelolanya, baik blog maupun instagram dan facebook.

“Melalui KIM, kami bisa mengenalkan potensi Desa kami di bidang budaya untuk menarik wisatawan datang ke Desa Indrokilo. Selama ini yang dikenal oleh orang dari Desa kami hanya potensi tanaman kopi dan produknya. Padahal, Indrokilo mempunyai bukti sejarah berupa situs budaya yang merupakan salah satu kekayaan budaya Kabupaten Pasuruan”, ungkap Lasmai Priantoko, Ketua KIM Indrokilo saat menghadiri dialog interaktif bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Pasuruan pada hari Senin (12/02/2019).

Selain itu, dengan adanya bantuan dan dukungan dari Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, KIM Indrokilo akan segera menggelar Pertunjukan Rakyat (Pertura) yang bertujuan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat dan untuk menggaungkan potensi yang ada di desa Dayurejo agar lebih dikenal masyarakat luas. Pengenalan wisata ini digerakkan oleh pegiat KIM Indrokilo untuk mendongkrak kreativitas warga dalam mengelola potensi daerah menjadi lebih baik, selain untuk mengangkat nilai ekonomi warga.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat dalam bentuk pemberdayaan masyarakat, pengolahan dan diseminasi informasi. Kami dapatkan ilmu ini dari pembinaan-pembinaan KIM yang diberikan oleh Dinas Kominfo secara bertahap”, ujar Wakil Ketua KIM Indrokilo, Rosyid  yang juga hadir talkshow.

Di sisi lain, Eka Maria Ulfa, Kasie Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Kominfo menyampaikan harapannya agar KIM Indrokilo tetap aktif dengan aktivitas jurnalistik warganya untuk mempromosikan ragam potensi Desanya.

“KIM Indrokilo ini sangat aktif dalam memberitakan kegiatan KIM dan masyarakat Desa. Dengan bekal yang telah kami berikan seperti latihan jurnalistik, fotografi dan vlog, kami berharap KIM Indrokilo dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat dan terus berkarya”, katanya di penghujung sesi dialog interaktif yang dipandu oleh Sofia Latief tersebut. (Dewi+Eka Maria)

  • 14:52:11
  • Admin Kominfo
  • 1542 kali dilihat
  • Budaya
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

APR 22

Operasi Sisir PBB- P2 dan Pelayanan Pajak Tahun 2019

1. Operasi Sisir PBB-P2 ke Desa Gununggangsir 2. Pelayanan Pembayaran Pajak Tahun 2019, piutang pajak dan permasalahan SPPT melalui Pelayanan Mobil Keliling

08:00 am - 14:00 pm

22 Apr 2019 (Tanggal Berakhir)

Mobil Keliling di Perempatan Desa Gununggangsir Kec. Beji

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga