11Feb2019

Hingga Awal Pebruari, 90 CJH Kabupaten Pasuruan Gagal Berangkat Haji Tahun Ini

Meskipun jadwal keberangkatan terhitung masih lama, akan tetapi jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan yang gagal berangkat tahun ini cukup banyak.

Dari catatan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasuruan, hingga Jumat (08/02/2019), sebanyak 90 CJH dinyatakan mengundurkan diri untuk berangkat ke Tanah Suci Makkah. Dengan banyaknya jumlah CJH yang mengundurkan diri,  dipastikan kursi kosong tersebut langsung diisi oleh cadangan yang sebelumnya sudah terdata di Kementrian Agama (Kemenag).

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari 90 CJH, 65 orang diantaranya memilih menunda keberangkatan, dan 25 CJH meninggal dunia sehingga otomatis mengurangi jumlah CJH yang berangkat haji tahun ini.

“Sudah ada 90 CJH yang memilih mengundurkan diri berangkat tahun ini, dimana 65 CJH sudah mengajukan surat pengunduran diri secara resmi, dan 25 CJH diantaranya meninggal dunia,” terangnya.

Untuk surat pengunduran diri tersebut sudah diajukan ke Kemenag Kabupaten Pasuruan. Sehingga langkah selanjutnya akan dilaporkan ke Kemenag Kanwil dan diteruskan ke Kemenag Pusat. Dijelaskan Imron, lantaran sudah resmi mengundurkan diri, maka nantinya kuota yang kosong tersebut akan langsung diisi oleh 95 CJH yang masuk dalam kategori cadangan.

“Kita selalu punya cadangan, karena ini untuk mengisi kekosongan dari jumlah CJH yang mengundurkan diri menunaikan ibadah haji tahun ini,” singkat dia.

Imron mengatakan, pengunduran diri CJH memang adalah hak dari jemaah sendiri. Alasannya memang berbagai sebab. Selain ada yang sudah terdata meninggal dan sudah diketahui ahli waris. Ada juga alasan lain lantaran sakit, masih kurang biaya, faktor keluarga dan memang belum siap berangkat tahun ini.

“Alasannya bermacam-macam, ada yang karena sakit, ada juga yang secara ekonomi belum siap, termasuk ingin bergabung dengan keluarga lain berangkatnya sehingga memilih mundur tahun ini,” terangnya.

Lebih lanjut Imron menegaskan bahwa banyaknya CJH yang mengundurkan diri tahun ini adalah hak dari CJH sendiri. Apalagi tahun ini CJH yang berangkat memang cukup banyak yaitu mencapai 1.575 jemaah. Namun jemaah yang mengundurkan diri ini dipastikan akan langsung masuk kuota pemberangkatan tahun 2020 mendatang.

“Karena ini juga masih awal, masih ada kemungkinan terus bertambah terutama saat pelunasan biaya haji ada kemungkinan jumlah yang mundur bisa bertambah,” pungkasnya. (emil)

  • 18:39:10
  • emil
  • 359 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

JUL 24

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

24 Jul 2019 (Tanggal Berakhir)

Lapangan Desa Nguling

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga