08Feb2019

Kemandirian LPPL Sebagai Entitas Lembaga Penyiaran, Tantangan Bersama

Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Asosiasi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Jawa Timur menyelenggarakan Konferensi Nasional LPPL Indonesia. Bertempat di Ballrom Hotel Santika Premier, Surabaya, Kamis (07/02/2019), kegiatan bertema “Membangun LPPL yang Kuat untuk Mewujudkan Penyiaran Nasional yang Sehat” tersebut dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, baik pemerintahan, legislatif maupun praktisi penyiaran. Diantaranya, Dirjen PPI Kemenkominfo RI, Ramli; Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Satya Widya Yudha; Ketua Dewan Pengawas LPP RRI, Mistam Abz; Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Yuliandre Darwis, Ketua KPID Provinsi Jawa Timur, Afif Amrullah dan seluruh Dinas Kominfo Provinsi/ Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia sekaligus Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan bahwa keberadaan LPPL sebagai lembaga penyiaran yang dibentuk oleh pemerintah perlu dikembangkan. Terlebih di era serba digital yang sangat membutuhkan kecepatan informasi. Sehingga LPPL menjadi media interaktif yang tetap diperhitungkan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf pada saat pembukaan acara konferensi, sehari sebelumnya. Gus Ipul, sapaan akrab orang nomor dua di Jawa Timur tersebut menyatakan rasa optimisnya terhadap perkembangan LPPL sebagai media penyiaran pemerintah dengan segala keunggulannya jika dibandingkan dengan lembaga penyiaran swasta.

Menurutnya, keberadaan LPPL yang tersebar di seluruh provinsi di tanah air merupakan peluang tersendiri untuk tampil sebagai media penyiaran pemerintah yang benar-benar profesional layaknya media partikelir. Keberadaannya sangat penting dan harus tetap eksis. Tuntutan yang harus dipenuhi adalah harus lebih kreatif dalam penyajian program siaran agar bisa bertahan di dalam perkembangan media yang semakin digital.  

“Saya berharap, LPPL ke depannya bisa menjadi lembaga penyiaran yang jauh lebih maju dan menjadi media informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Syaratnya, harus terus berbenah diri, lebih kreatif, inovatif dalam membuat program. Saya yakin LPPL bisa tetap konsisten menyiarkan program berkualitas berisi tentang  kebijakan pemerintah, kearifan lokal serta konten siaran yang menghibur masyarakat”, tandas pria ramah putra daerah Kabupaten Pasuruan ini.

Kegiatan pertemuan akbar LPPL seluruh tanah air yang berlangsung selama dua hari (6-7 Februari 2019) diawali dengan kegiatan konvoi OB Van mobil operasional masing-masing LPPL dengan titik kumpul di Taman Apsari Surabaya, City Tour peserta konferensi dan diskusi tentang Radio 4.0 di studio LPPL Radio Suara Sidoarjo. Acara dilanjutkan welcome dinner yang menandai pembukaan Konferensi Nasional LPPL.

Pantauan Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, antusiasme para peserta yang memadati lokasi kegiatan selama dua hari berturut-turut begitu luar biasa. Hal itu terlihat dari keaktifannya selama diskusi panel berlangsung begitu dinamis, sarat dengan gagasan dan pemikiran inovatif untuk kemajuan LPPL di seluruh Indonesia. (Eka Maria)

    

  • 20:00:55
  • Admin Kominfo
  • 86 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

FEB 26

POSPEDA Kabupaten Pasuruan Tahun 2019

Cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi Atletik, Bola Volly, Bola Basket, Tenis Meja, Pencak Silat, Futsal, Bulu Tangkis, Sepak Takraw, Senam Santri, Hadang. Cabang seni yang dipertandingkan meliputi Seni Musik Islami, Kaligrafi, Pidato 3 Bahasa yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab,Fotografi Islami, Seni Lukis Islami, Seni Kriya, Videoo Cerita Pendek/Dokumenter, Seni Teater, Cipta Baca Puisi, Stand Up Comedy, dan Fashion Islami

00:00 am - 00:00 am

28 Feb 2019 (Tanggal Berakhir)

PPs Terpadu Al-Yasini Wonorejo

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga