10Jan2019

1000 Eksemplar Buku Bacaan Untuk Perpustakaan Desa Plososari, Grati

Apa kabar perpustakaan-perpustakaan desa/kelurahan di Kabupaten Pasuruan?

Yap, tahun ini, Pemerintah Kabupaten Pasuruan mendapatkan bantuan pengembangan perpustakaan Desa Plososari di Kecamatan Grati.

Yusmiarto Eben, Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan mengatakan, perpustakaan Desa Plososari mendapatkan bantuan 1000 eksemplar buku bacaan dengan 500 judul buku, plus 2 unit rak buku dan pembelajaran sistem pengelolaan perpustakaan. Bantuan tersebut berasal dari hibah APBN yang dikelola oleh Pemprov Jatim tahun anggaran 2018.

“Barangnya baru datang dua hari lalu dan telah kami kirim ke perpustakaan Desa Plososari yang berada di balai desa setempat. Sudah diserahterimakan,” kata Eben saat ditemui di kantornya, Kamis (10/01/2019).

Banyaknya buku bacaan yang diberikan untuk Perpustakaan Desa Plososari tak lain berdasarkan usulan Dinas Perpustakaan dan Arsip setiap tahunnya. Kata Eben, buku-buku yang diberikan didominasi oleh life skills (pertanian, keluarga, teknologi) dengan jumlah mencapai 60%. Sedangkan sisanya adalah bacaan untuk anak-anak sekolah, remaja hingga bacaan yang bersifat ringan.

“Paling banyak tentang life skills. Tapi kalau bacaan untuk anak-anak sekolah juga pasti banyak, karena perpustakaan ini paling sering dikunjungi anak-anak sekolah,” imbuhnya.

Ditambahkan Eben, selain dari APBN, Pemkab Pasuruan melalui APBD tahun 2019 juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 125 juta untuk pengembangan perpustakaan di 4 titik. Hanya saja, keempat titik tersebut masih belum dapat disebutkan, lantaran masih akan digodok lagi sesuain dengan tingkat kebutuhan.

“Untuk tahun ini kita akan lakukan pengadaan computer 1 unit, rak buku juga 1 unit, dan tentu saja ribuan buku akan kita bagikan untuk memenuhi perpustakaan desa/kelurahan di Kabupaten Pasuruan,” urai dia.

Sampai sejauh ini, apabila ditanya berapa jumlah perpustakaan desa/kelurahan, Eben menegaskan ada 76 perpustakaan desa/kelurahan yang tersebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. Sedangkan perpustakaan umum berjumlah 8 yang ada di Kecamatan Grati, Nguling, Purwosari, Bangil, Pandaan, Rembang dan Tosari. Dengan adanya perpustakaan tersebut, Eben berharap ada peningkatan minat baca masyarakat, minimal tingkat kunjungan ke perpustakaan yang hanya naik 0,066%, yakni dari 307.768 orang menjadi 329.672 orang dalam tahun 2018.

“Kita akan terus memperbanyak koleksi bacaan serta mengajak masyarakat untuk gemar membaca. Alhamdulillah sekarang ini banyak kegiatan literasi yang turun langsung ke masyarakat, plus kita juga jemput bola melalui perpustakaan keliling. Bismillah, semoga keinginan kita supaya minat baca ke perpustakaan semakin meningkat,” tandasnya kepada Suara Pasuruan. (emil)

  • 15:59:48
  • emil
  • 327 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

JUN 27

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Kenduren Mas Tahun 2019

Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) adalah program unggulan Kabupaten Pasuruan yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat melalui sistem pelayanan jemput bola dengan memberikan kemudahan : 1. Pengobatan massal gratis 2. Pelayanan KB gratis 3. Donor darah dari PMI 4. Pengurusan KTP/KK/Akte kelahiran/Kematian dan surat pindah 5. Surat tenaga kerja (surat kuning) 6. Ijin usaha dan IMB 7. Dinas sosial (pelayanan PKH, Surat keterangan miskin) 8. Tera ulang gratis 9. Pelayanan konsultasi kesehatan hewan kecil 10. Pelayanan konsultasi UMKM 11. Konsultasi penanganan sampah 12. Pelayanan pendaftaran baru BPJS 13. Perpustakaan keliling 14. Layanan aspirasi, urun rembug dan saran kepada Pemkab (Bappeda)

07:00 am - 13:00 pm

27 Jun 2019 (Tanggal Berakhir)

Kecamatan Purwodadi

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga