10Jan2019

Tingkatkan Kualitas Sanitasi, Pemkab Pasuruan Maksimalkan Program Jamban Sehat

Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman melakukan pembangunan dibidang kesehatan dan sanitasi. Awal tahun 2019, Program Jamban Sehat untuk 66 Kepala Keluarga kurang mampu di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo siap dibangun. Targetnya, masyarakat Desa Wonokerto mampu mewujudkan praktek hidup sehat melalui peningkatan kualitas sanitasi keluarga. 

Program Jamban Sehat menjawab banyaknya keluarga yang belum memiliki fasilitas jamban di tempat tinggalnya. Sekaligus mengacu pada program Pemerintah Pusat untuk membenahi permasalahan kesehatan dan sanitasi yang dikenal dengan “Program 100-0-100” (100% akses air minum, 0% kawasan kumuh perkotaan, 100% akses sanitasi).

Dari 2.600 Kepala Keluarga (KK), 112 KK diantaranya belum memiliki jamban dengan kondisi layak. Sehingga diberikan bantuan untuk sebagian warga yang membutuhkan bantuan jamban duduk/ closet. Sedangkan pengerjaannya dilakukan dengan cara gotong royong oleh warga setempat.

Pantauan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sumber Mangga Makmur, Kecamatan Sukorejo, warga Desa Wonokerto terlihat antusias menyambut Program Jamban Sehat. Hal ini karena, selain akan menjadikan lingkungan menjadi lebih bersih, sehat dan tidak berbau, dengan kondisi jamban sehat secara otomatis tidak akan mencemari sumber air disekitarnya.  (Eka Maria+Sugiono)

 

 

  • 13:25:15
  • Admin Kominfo
  • 56 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga