09Jan2019

Bupati Irsyad Yusuf Himbau Perusahaan Laksanakan CSR Secara Tepat Sasaran

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengajak perusahan-perusahaan di Kabupaten Pasuruan untuk melaksanakan CSR (cooperate social responsibility) tepat sasaran.

Pernyataan tersebut keluar dari bibir Irsyad saat meresmikan 3 ruang kelas baru (RKB) SMP Terpadu Al Hidayah, Sukorejo, Rabu (09/01/2019) siang.

Irsyad mencontohkan CSR PT HM Sampoerna yang merealisasikan CSR dengan membangun 3 RKB SMP Terpadu Al Hidayah sebagai program yang tepat sasaran dan terarah. Menurutnya, masih banyak CSR perusahaan yang belum tepat sasaran alias dipergunakan untuk kepentingan yang kurang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

“Banyak perusahaan yang CSR nya asal-asalan, sehingga tidak melihat kebutuhan masyarakat, khususnya di sekitar perusahaan itu sendiri. Kalau jeli, pasti akan mencari tahu dulu apa kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat sekitar, seperti pendidikan, kesehatan, air bersih dan kebutuhan penting lainnya,” kata Irsyad dalam sambutannya.

Oleh karena itu, Irsyad menghimbau kepada perusahaan-perusahaan di Kabupaten Pasuruan untuk melaksanakan CSR yang merupakan kewajiban yang telah diatur oleh Undang-Undang, yakni UU Perseroan Terbatas No.40 Tahun 2007. Dimana dalam pasal 74 ayat 1 diatur bahwa perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang dianggarkan dan diperhitungkan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

”Perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban akan dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Saya ajak semua perusahaan untuk sama-sama membantu Pemerintah Daerah dalam mengembangkan wilayah. Kita ketahui bersama bahwasanya anggaran pemda tak akan pernah cukup untuk mencover seluruh kebutuhan masyarakat. Peran serta dunia usaha sangat penting untuk sama-sama kita bangun Kabupaten Pasuruan menjadi daerah yang sejahtera, maslahat dan berdaya saing,” imbuhnya. (emil)

 

  • 16:47:11
  • emil
  • 152 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga