06Dec2018

Buah Dari Surga Itu Dibudidayakan Di Desa Karang Sentul

Tahukah Anda, dari sekian banyak produk hortikultura unggulan yang sangat populer seantero pelosok negeri seperti Mangga Klonal 21, ternyata Kabupaten Pasuruan masih menyimpan ragam potensi yang sangat potensial untuk dikembangkan. Diantaranya adalah perkebunan buah Tin atau yang disebut sebagai “Buah Ara” dan “Buah dari Surga”.  

Berlokasi di Desa Karang Sentul, Kecamatan Gondangwetan, buah kaya kandungan nutrisi baik unsur vitamin maupun mineral tersebut mulai ditanam sejak tahun 2013 oleh beberapa warga. Berbekal bibit buah Tin hasil hibah dari Pemerintah Desa setempat, warga-pun mulai serius membudidayakannya di satu lahan yang sama.        

Adalah Dini Eka Wati, Sekretaris Kelompok Informasi (KIM) Sentul Mandiri, Kecamatan Gondangwetan yang sampai saat ini memberikan pendampingan budidaya maupun dari segi pemberdayaannya. Berikut membantu proses pengelolaan hasil panen yang dilakukannya bersama rekan-rekannya KIM.    

“Sampai sekarang kami mendampingi warga dalam melakukan budidaya buah Tin. Mulai dari pembagian bibit dari Desa sampai proses pengelolaan hasil panen menjadi produk olahan. Selain buah segar yang bisa langsung dibeli di kebunnya, buah Tin juga diolah menjadi aneka produk. Seperti teh tubruk, teh celup, sirup, minuman siap saji, manisan dan puding buah Tin”, ceritanya dengan sumringah.

Waktu dikonfirmasi Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan ia menuturkan, dari diversifikasi produk tersebut, warga Desa Karang Sentul memperoleh nilai ekonomi lebih selain dari hasil penjualan buah Tin segar yang per kilonya dibandrol Rp 150.000. Terlebih buah ranum bercitarasa manis dan segar itu dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.       

“Buah Tin ini kan khasiatnya luar biasa, jadi banyak yang mencari. Biasanya pembeli langsung datang ke kebun. Ada yang membeli buah segarnya, tapi banyak juga yang membeli bibit pohonnya dan aneka produk olahannya, baik sirup, manisan dan lainnya. Tidak hanya dari Pasuruan dan pembeli dari Jawa Timur saja, tapi dari Bali”, tandasnya. (Eka Maria) 

  • 14:59:31
  • Admin Kominfo
  • 497 kali dilihat
  • Agrowisata
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

DEC 16

Jambore Sepeda Onthel 2018

Peserta boleh menggunakan sepeda onthel merk apa saja kecuali Sepeda Gunung atau Mountain Bike (MTB)

06:00 am - 11:00 am

16 Dec 2018 (Tanggal Berakhir)

Centra Bang Kodir

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga