06Nov2018

Waspadai Hujan Intensitas Sedang Hingga Deras Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda menghimbau masyarakat agar mewaspadai hujan yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Timur. Posisi awan Cumulus Nimbus (CB) yakni awan pembawa hujan yang terpantau banyak berkumpul di beberapa titik berdampak pada hujan di beberapa Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Diantaranya, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Kediri, Ngawi, Jombang dan Bangkalan.

Pekatnya awan CB hasil pencitraan dari satelit cuaca sangat berpeluang mengakibatkan hujan intensitas sedang sampai deras yang disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang atau sore atau malam hari. Untuk itu, Taufik Prakirawan BMKG Juanda menghimbau kepada masyarakat terutama yang beraktifitas di luar ruangan agar selalu bersikap waspada. Terutama pada saat hujan sudah mulai turun dengan menghindari melintasi bangunan-bangunan semi permanen, papan baliho berukuran besar yang sudah tua serta ranting-ranting pepohonan yang sudah lapuk.

Merespon rilis prakiraan cuaca yang diterima Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan dari BMKG Juanda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan intens memantau pergerakan awan CB yang informasinya selalu di-update dan dibagikan di grup WhatsApp, Info Publik BMKG Jatim. Kata Bakti J. Permana, Kepala BMKG Kabupaten Pasuruan, sistem informasi hujan yang diakses setiap saat tersebut langsung diteruskan ke seluruh Camat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait sampai tim relawan bencana di Kabupaten Pasuruan.

Dari koordinasi berjejaring tersebut ia berharap ada kesiapsiagaan dari seluruh lapisan masyarakat. Berikut kesiapsiagaan tim dalam formasi lengkap yang terdiri dari 20 personil, BPBD Kabupaten Pasuruan siap meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan yang diprediksi terjadi di minggu pertama di bulan November 2018. (Eka Maria)          

  • 15:23:33
  • Admin Kominfo
  • 52 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

OCT 29

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Kabupaten Pasuruan Tahun 2018

Lomba Mural dan Grafiti dengan Tema Lingkungan Hidup, Lomba Kreasi Busana Daur Ulang

08:00 am - 14:00 pm

09 Nop 2018 (Tanggal Berakhir)

HLH Kabupaten Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga