14Sep2018

Disperindag Kabupaten Pasuruan Ajak Ibu Rumah Tangga Ikuti Pelatihan Keterampilan

Untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan menggaet para ibu rumah tangga untuk mengikuti berbagai macam pelatihan keterampilan.

Seperti yang terlihat pada Jumat (14/09/2018) siang, dimana puluhan ibu-ibu antusias mengikuti pelatihan membatik di Balai Desa Ngerong, Kecamatan Gempol. Selama 5 hari, mereka dengan seksama mendengarkan penjelasan para instruktur tentang bagaimana bisa mencari pendapatan sendiri melalui kegiatan membatik.

Heru Hermandi, Kabid Industri Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, kegiatan membatik adalah satu dari beragam jenis kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan teknologi industry para ibu-ibu yang ingin mencari pemasukan, akan tetapi tidak meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

“Kita punya pelatihan pembuatan kue kering, konveksi, bordir, pengolahan ikan dan kegiatan lain yang target sasarannya adalah ibu-ibu. 90% lebih adalah ibu-ibu, sisanya laki-laki,” kata Heru di sela-sela pelatihan.

Untuk tahun ini, Heru menjelaskan, total ada 45 kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan. Seluruh beban kegiatan tersebut dibiayai melalui APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2018 sebesar Rp 2 Milyar, dan dipergunakan untuk operasional kegiatan.

“Mulai dari pembelian bahan dasar pelatihan, honorarium peserta hingga alat praktek seluruh peserta pelatihan,” singkatnya.

Ditambahkan Heru, dipilihnya ibu-ibu sebagai target sasaran kegiatan pelatihan adalah semata-mata untuk memberdayakan masyarakat, sehingga jumlah pengangguran semakin berkurang dan tingkat kemiskinan bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Kita ingin memberdayakan ibu-ibu, sebagai persiapan dan antisipasi kalau sewaktu-waktu, tiba-tiba suami sebagai kepala keluarga kena PHK atau terpaksa tidak bisa bekerja karena sakit. Melalui kegiatan ini, lumayan lah, karena kita juga bantu mereka dalam hal pemasaran, meskipun hanya di sekitar tempat tinggal atau lingkungan peserta pelatihan,” beber dia. (emil)

  • 17:59:10
  • emil
  • 114 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

OCT 29

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Kabupaten Pasuruan Tahun 2018

Lomba Mural dan Grafiti dengan Tema Lingkungan Hidup, Lomba Kreasi Busana Daur Ulang

08:00 am - 14:00 pm

09 Nop 2018 (Tanggal Berakhir)

HLH Kabupaten Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga