08Jun2018

Antisipasi Peningkatan Kasus Dan Penyebaran DBD, Pemkab Pasuruan Luncurkan Program GERAM SIKAT NYAMUK P-G1R1J

Untuk mencegah terjadinya peningkatan kasus dan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus berinovasi dengan meluncurkan program GERAM SIKAT NYAMUK P-G1R1J (Gerakan Bersama Masyarakat, Siswa-Santri dan Karyawan Anti Nyamuk Aedes Agypti dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik). Tujuannya sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular DBD dengan meningkatkan kinerja pengendalian vektor nyamuk DBD.

Bertempat di Graha Bina Praja, Gedung Serba Guna Kabupaten Pasuruan, Kamis (7/6/2018), launching program dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji yang diawali dengan paparan oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Pasuruan, dr. Agung Basuki tentang kondisi DBD di Kabupaten Pasuruan. Berikut penjelasan tentang kegiatan pencegahan dan pengendalian DBD di Pondok Pesantren Ngalah, Purwosari yang disampaikan  Kepala Pondok Pesantren Ngalah, M. Abdul Ghofur.

“Kami bangga dengan berjalannya program Geram Sikat Nyamuk P-G1R1J ini. Agar bisa terlaksana dengan baik, maka kegiatan pemberdayaan masyarakat dan juga pondok pesantren dalam mengupayakan penurunan kasus DBD di wilayah Kabupaten Pasuruan”, tuturnya.

Dalam kegiatan sosialisasi serta penggalangan komitmen terhadap pencegahan penyebaran DBD yang melibatkan banyak stakeholder tersebut, Kabid Pencegahan dan pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Agus Eko Iswahyudi memberikan dukungan kepada PP GEDAR dan Korwil GEDAR. Ditambahkan Kasi  Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan  Kabupaten Pasuruan, dr. Rahmat Aprillah,  inovasi ini didorong atas pentingnya upaya menekan peningkatan jumlah kasus DBD dan mencegah timbulnya kematian akibat DBD, termasuk untuk mempersempit jumlah wilayah desa endemis.

“Ada empat karakteristik program inovasi ini, yaitu pengembangan konsep kolaborasi, peningkatan dukungan stake holder, adopsi kearifan lokal, implementasi konsep pemberdayaan masyarakat dan pengembangan aplikasi pelaporan kegiatan berbasis internet. Kami juga menggelar lomba poster GEMAS DARLING dan kegiatan inovasi di 24 wilayah Puskesmas. Penyaji poster terfavorit adalah Puskesmas Rembang dengan tema “Waria Pake Legging” (Warga Ceria Tanpa Kena Lagi Asap Foging), yaitu program pemberantasan DBD dengan mengedepankan program PSN 4M Plus (menguras, menutup, mendaur ulang dan memantau jentik) dan meminimalkan penggunaan asap foging”, urainya. (Eka Maria)

  • 17:22:48
  • Admin Kominfo
  • 353 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga