16May2018

Promosikan Potensi Desa, KIM Mawar Maksimalkan Pemanfaatan Medsos

Untuk mempromosikan beragam potensi Desa agar lebih dikenal khayalak, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mawar, Desa Rejosari Kecamatan Kraton memaksimalkan media online, baik website, blog maupun media sosial yang dikelolanya. Masing-masing, facebook, twitter dan instagram.  

Dalam acara dialog interaktif bersama Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Pasuruan, Senin (14/05/2018), Ahmad Sufyan Sekretaris KIM Mawar mengatakan, sejak dibentuk mulai Tahun 2012, pengembangan potensi Desa Rejosari terus dilakukan KIM Mawar melalui berbagai cara. Fokusnya dengan memberdayakan warga Desa agar melek teknologi dan inovatif dalam segala bidang yang pada akhirnya berdampak cukup signifikan bagi kemakmuran masyarakat.

“Dengan semangat dan program baru, kami yang saat ini punya 16 anggota aktif terus berupaya mengoptimalkan fungsi sebagai jembatan informasi dan mitra Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam menyampaikan aspirasi warga kepada Pemerintah Desa begitu juga sebaliknya. Tentunya di bawah binaan Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan”, jelasnya.

Di sisi lain, dalam kesehariannya, KIM Mawar juga memiliki program mengembangkan potensi Desa melalui pengembangan UMKM masyarakat Desa. Berbagai pelatihan diinisiasi oleh KIM Mawar yang bersinergi dengan Pemerintah Desa, seperti halnya kerajinan bordir, rajut, seni kaligrafi bakar dan budidaya jamur.

"Kita harus tahu potensi Desa dulu. Kebetulan di Desa Rejosari ada budidaya jamur dan melalui KIM Mawar juga kita bentuk komunitas jamur yang kita komunikasikan dengan Pemerintah Desa sehingga akhirnya terbentuklah komunitas jamur di Desa Rejosari. Rencana kita ke depan, menjadikan Desa Rejosari sebagai sentra jamur. Bahkan kami sudah mengupayakan untuk pengajuan PIRT-nya", ujarnya.

Sementara itu, Pembina KIM Kabupaten Pasuruan, Eka Maria Ulfa, MA menuturkan, selama  proses pembinaan, kami selalu bangun kesamaan visi dan peran KIM sebagai agen informasi di masyarakat. Itu poin sangat penting. Bukan hanya dalam hal membangun networking antar pemerintah dengan masyarakat, tapi juga dalam hal mempromosikan potensi Desa melalui publikasi, baik di blog maupun media social yang dikelolanya.

"Pada intinya, KIM itu dibentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat. Sudah menjadi tanggungjawab kita bersama untuk bisa mendampingi dalam bentuk pembinaan dan saling bersinergi. Memang perlu adanya kesadaran dari KIM. Terlebih, Dinas Kominfo juga tidak bosan-bosannya menyemangati dan memfasilitasi kegiatan KIM, karena semua demi kepentingan teman-teman KIM sendiri untuk bisa memberdayakan informasi melalui media website, blog dan media sosial", tandasnya. (Eka Maria+Dewi)

 

  • 16:06:02
  • Admin Kominfo
  • 135 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga