16May2018

Dinsos Gelar Rakor Untuk Pendamping Program Keluarga Harapan

Demi melancarkan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pasuruan, Dinas Sosial (Dinsos) melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan para pendamping yang bertugas di sembilan kecamatan dari total 24 kecamatan diseluruh Kabupaten Pasuruan. Rakor yang digelar Rabu (16/5/2018) pagi di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan tersebut difokuskan kepada pendamping untuk meningkatkan keterampilan Family Development Session (FDS).

Kabupaten Pasuruan adalah salah satu daerah yang bertambah jumlah penerima program keluarga harapan. Sebelumnya, keluarga penerima manfaat (KPM) berjumlah 43.882. Dan pada 2017 lalu bertambah menjadi 48.700 KPM. Dengan begitu jumlah tambahan total 4818 diberikan oleh Kementrian Sosial (Kemensos) pada tahun lalu.

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan, Gunawan Wicaksono menghimbau kepada seluruh pendamping yang bertugas diseluruh Kecamatan yang ada di lingkungan Kabupaten Pasuruan untuk lebih aktif dalam melatih para warga. Karena itu, ia meminta para pendamping memiliki keterampilan agar dapat ditularkan.

 “Jadi para pendamping harus meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai pentingnnya pendidikan, kesehatan dan pengelolaan keuangan bagi keluarga. Karena itu sudah tugasnya,” ujarnya.

Dalam tujuan awal, PKH memang diturunkan untuk menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial. Selain itu juga untuk mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Dari data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, angka kemiskinan di Kabupaten Pasuruan mencapai 165.64. Hal tersebut jauh sangat turun dari tiga tahun kebelakang, terutama pada tahun 2016 yang mencapai angka 168.060.

“Maka dari itu peran pendamping untuk menyukseskan program PKH ini sangat besar. Karena program perlindungan sosial seperti ini adalah bagian penting dalam strategi pembangunan. Perlindungan sosial bertujuan mengurangi risiko sosial, meningkatkan kesetaraan dan mengurangi kemiskinan,” jelasnya. (HS)

  • 15:18:40
  • Hendra Kominfo
  • 321 kali dilihat
  • Pemerintahan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

OCT 26

Pasuruan Advanture Offroad 4x4

00:00 am - 00:00 am

28 Oct 2018 (Tanggal Berakhir)

Halaman Parkir Saygon Waterpark

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga