16Apr2018

Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan Pulangkan 76 Anak Jalanan

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan memulangkan 76 Anak Jalanan (Anjal) hasil razia Satpol PP Kabupaten Pasuruan, beberapa waktu lalu.

Gunawan Wicaksono, PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan mengatakan, pemulangan anjal merupakan upaya penting dalam rangka menyadarkan agar mereka tak lagi turun ke jalan-jalan dan membuat resah masyarakat.

“Semuanya kita pulangkan ke keluarga mereka masing-masing. Setelah diamankan dan dibina di Rumah Singgah. Mereka merupakan hasil tangkapan dari bulan januari lalu,” kata Gunawan di sela-sela kesibukannya, Senin (16/04/2018).

Sebelum dipulangkan, puluhan anjal tersebut dibawa ke Rumah Singga Bina Hati yang ada di dalam komplek Dinas Sosial. Di sana, mereka dirawat, dibersihkan, dan menerima asesmen atau pendekatan psikologi untuk mencari akar permasalahan mereka. Kata Gunawan, para anjal berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, sehingga penanganannya pun beragam.

“Ada yang karena orang tua bercerai, keluarga yang tidak harmonis, termasuk ada yang karena salah pergaulan. Mereka kita pertemukan dengan psychology dengan harapan dapat dibina dan sadar bahwa mereka punya keluarga yang harus selalu ada setiap harinya,” imbuhnya.

Kepada Suara Pasuruan, Gunawan menjelaskan bahwa problematika anjal termasuk dalam penanganan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang harus segera ditangani. Khusus untuk 76 anjal, 60 persennya berasal dari Kabupaten Pasuruan, sedangkan sisanya adalah dari luar daerah.

“Kebanyakan dari Kabupaten Pasuruan sendiri. Tapi ada yang dari Luar Jawa yang kita pulangkan dengan naik kereta api,” beber dia.

Ditambahkan Gunawan, dari penangkapan anjal, terdapat beberapa anak yang kembali ke jalanan dan kemudian tertangkap lagi.

“Kalau sampai 2 kali tertangkap, kita akan arahkan agar mereka ikut pembinaan atau ketrampilan ke Panti Rehabilitasi Anak Nakal di Surabaya, agar mereka ada ketrampilan tak terus di jalanan selamanya,” terangnya. (emil)

  • 18:54:28
  • emil
  • 321 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga