13Apr2018

10 Pasar Daerah Di Kabupaten Pasuruan Siap Direvitalisasi

10 Pasar Daerah di Kabupaten Pasuruan akan direvitalisasi.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 15 Milyar untuk menyulap wajah dan performa pasar daerah agar lebih cantik dan bersih.

Edy Suwanto, Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, kesepuluh pasar daerah tersebut diantaranya Pasar Warungdowo, Pasrepan, Gempol, Ngempit, Winongan, Purwosari, Grati, Prigen, Nguling dan Pasar Sukorejo. Dari seluruh pasar tersebut, anggaran paling besar dipergunakan untuk merevitalisasi Pasar Sukorejo hingga menembus Rp 6 Milyar.

“Untuk Pasar Sukorejo, wajah dan penampilan pasar nya belum tersentuh apa-apa, jadi akan kita rubah. Mulai papan nama, jaringan air, kios dan lapak hingga fasilitas lain di sekitar pasar,” kata Edy saat ditemui di kantornya, Jumat (13/04/2018).

Sedangkan pasar daerah lainnya rata-rata menghabiskan anggaran di kisaran Rp 1,6  Milyar-Rp 1,8 Milyar. Kata Edy, yang menjadi prioritas kegiatan revitalisasi meliputi perbaikan saluran air, pemasangan hidran, pengembangan kios dan lapak, dan merubah wajah pasar itu sendiri.

“Sebenarnya tergantung dari volume dan kebutuhan di masing-masing pasar daerah. Contohnya di Pasar Gempol yang butuh pemasangan hidran, kemudian di Pasar Gondangwetan mempercantik kios dan lapak maupun jalan pasar dan lainnya,” imbuhnya.

Ditambahkan Edy, revitalisasi pasar daerah sampai sekarang masih dalam tahap penyempurnaan perencanaan dan proses lelang. Diperkirakan, pengerjaan proyek revitalisasi baru akan dimulai pada bulan Juni-Juli mendatang.

“Kita juga menunggu penyempurnaan dari desain revitalisasi pasar daerah. Kalau belum selesai, kita juga tidak berani,” beber dia.

Dengan direvitalisasinya pasar daerah, Edy berharap agar mindset masyarakat yang menganggap bahwa pasar daerah identik dengan kumuh, kotor dan bau, akan segera hilang, seiring dengan upaya menjadikan pasar daerah lebih modern tanpa meninggalkan unsur konvensionalnya.

“Jualannya tetap sama seperti pasar pada umumnya. Kita hanya merubah wajah dan penampilan supaya enak dipandang,” ungkapnya kepada Suara Pasuruan. (emil)

  • 16:51:44
  • emil
  • 392 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

OCT 26

Pasuruan Advanture Offroad 4x4

00:00 am - 00:00 am

28 Oct 2018 (Tanggal Berakhir)

Halaman Parkir Saygon Waterpark

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga