08Mar2018

Tugas Lebih Berat, KPU Kabupaten Pasuruan Lantik 72 Anggota PPK Pemilu 2019

Sebanyak 72 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Pasuruan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, diambil sumpah dan dilantik KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Pasuruan, Kamis (08/03/2018) pagi.

Pelantikan seluruh anggota PPK itu dilaksanakan di Halaman Kantor KPU Kabupaten Pasuruan, dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Winaryo Sujoko, serta disaksikan oleh seluruh Komisioner KPU dan puluhan undangan lainnya.

Usai pelantikan, Winaryo menegaskan bahwasanya tugas PPK untuk Pemilu serentak 2019 mendatang bakal lebih berat, lantaran proses rekapitulasi suara langsung dilakukan oleh PPK itu sendiri.

“Kalau Pemilu dulu, rekapitulasi suara dilakukan berjenjang dari PPS, TPS, baru kemudian PPK. Tapi sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan yang baru, rekap suara langsung oleh PPK, jadi ini harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya, dan tidak boleh dianggap remeh,” tegasnya.

Sebelum benar-benar melantik dan mengambil sumpah, KPU Kabupaten Pasuruan menurut Winaryo telah berupaya seoptimal mungkin dalam proses rekrutmen. Harapannya tak lain agar mendapatkan anggota PPK yang kapabel.

“Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon anggota PPK. Yakni memiliki kapasitas, perspektif, integritas, dan independensi. Maksudnya dengan beban kerja yang lebih berat, anggota PPK harus punya pengalaman dan pengetahuan yang cukup tentang penyelenggaraan Pemilu. Dan semoga seluruh PPK yang kita lantik benar-benar dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik mungkin,” katanya kepada Suara Pasuruan.

Oleh karenanya, Winaryo mengingatkan anggota PPK yang dilantik tersebut, untuk dapat melaksanakan rekapitulasi dengan sebaik-baiknya, serta melaksanakan tugas dan  wewenang sesuai Undang-undang.

“Yang paling penting adalah dapat membantu menyelenggarakan Pemilu sesuai dengan kode etik. Menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab dan tidak main-main, itu saja,” pungkasnya. (emil)

 

 

 

  • 18:38:01
  • emil
  • 1963 kali dilihat
  • Politik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga