02Feb2018

Pemkab Pasuruan Segera Bentuk Tim Saber Sampah

Untuk mendorong kesadaran masyarakat agar selalu membuang sampah pada tempatnya, Pemerintah Kabupaten Pasuruan berencana membentuk Tim Khusus Sapu Bersih Sampah.

Muchaimin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan mengatakan Tim saber sampah tersebut merupakan petugas yang akan memantau perilaku warga dalam membuang sampah. Bahkan, apabila sampai ada warga yang membuang sampah di tempat-tempat yang tidak diperkenankan, maka petugas saber sampah ini akan menangkap dan memberikan sanksi kepada mereka yang terbukti melanggar.

“Kita ketahui bersama bahwa sebagian masyarakat masih terbiasa membuang sampah sembarangan. Padahal, Pemkab sudah berupaya untuk menempatkan tempat-tempat pembuangan sampah, agar bisa dimanfaatkan. Maka dari itu rencana kami membentuk Tim Saber Sampah sangat kita seriusi,” kata Muchaimin di sela-sela kesibukannya, Jumat (02/02/2018).

Ditambahkannya, Tim Saber Sampah bertugas untuk mengingatkan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan. Misalnya di sungai, jalan-jalan, ruang publik. Rencananya, pembentukan tim saber sampah ini bakal direalisasikan Maret 2018 mendatang, di mana sejumlah pegawai DLH akan disiapkan untuk menjadi petugas tim saber sampah ini.

“Kita akan merekrut tim ini dari pegawai kita, karena banyak sekali, terutama jumlah tukang sapu atau Laskar Maslahat yang mencapai puluhan orang,” imbuhnya.

Untuk tahap awal, mereka akan dioperasikan di tiga kecamatan. Yakni, Gempol, Beji dan Bangil. Sistem kerjanya, kata Muchaimin, petugas akan menangkap pembuang sampah sembarangan untuk selanjutnya akan langsung diberi sanksi.

“Selain pendataan, sanksi yang akan diberikan, berupa teguran dan kami suruh untuk membuang sampah yang dibuang itu pada tempatnya. Sekarang kami masih proses sarprasnya dan SDM. Kami juga perlu mensosialisasikan ini terlebih dahulu,” urainya. (emil)

  • 11:37:41
  • emil
  • 776 kali dilihat
  • Kesehatan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga