TENTANG KAMI

Portal Pengadaan Pemerintah Kabupaten Pasuruan merupakan Portal yang berisikan Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa, Pengumuman dan Berita Lelang dalam rangka membantu melayani Unit Layanan Pengadaan (ULP) atau Panitia/Pokja ULP dalam mengumumkan pengadaan barang/jasa yang akan dilaksanakan.

Landasan hukum yang mendasari lahirnya layanan ini adalah:

  • Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah;
  • Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2003 tentang Paket Kebijakan Ekonomi Menjelang dan Sesudah Berakhirnya Program Kerjasama dengan International Monetary Fund (IMF);
  • Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi;
  • Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2006 tentang Perubahan Keempat atas Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2003 (tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jada Pemerintah).

Berdasarkan pengalaman sejak tahun 2004 dalam hal pemberlakuan Keppres No. 80 Tahun 2003, efisiensi akan akan tercapai apabila proses pengadaan barang/jasa berlangsung secara transparan dan diikuti oleh sejumlah peserta pengadaan yang cukup banyak serta mengedepankan proses persaingan yang sehat.

Semoga pengadaan barang/jasa yang diumumkan melalui portal ini akan dapat meningkatkan transparansi, sehingga akan tercipta persaingan sehat antar pelaku usaha dapat lebih cepat terdorong. Dengan demikian optimalisasi dan efisiensi belanja negara segera dapat diwujudkan.